Root CA dan Sertifikat Digital

Sistem Verifikasi Online (SiVION) menyediakan sertifikat digital kepada pemohon yang menjadi validasi baginya untuk menggunakan tandatangan digital dalam melakukan transaksi di sistem penyelenggara sistem elektronik. Di dalam sertifikat digital memuat tanda tangan dan identitas seseorang atau web secara elektronik.  Tujuannya adalah menjaga keabsahan sebuah dokumen dan menunjukan status subjek hukum para pihak dalam transaksi.

SiVION menyediakan sertifikat digital bagi individu, organisasi dan server milik masyarakat dan pemerintah. Validasi sertifikat digital akan langsung dilakukan (real time) pada masing-masing Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) Berinduk penerbit sertifikat (Root Certification Authority/Root CA).

Tanda tangan digital (e-signature) adalah sebuah skema matematis yang memiliki keunikan dalam mengidentifikasikan seorang pengirim (subjek hukum). Tanda tangan digital bukanlah tandatangan basah yang di-scan namun berbentuk sertifikat digital yang bersifat personal. Masyarakat masih memandang tanda tangan digital hanyalah dokumen manual yang dipindahkan menjadi digital dan tanda tangan bisa dapat langsung ditempel, dengan begitu masyarakat meragukan keamanannya. Perlu diketahui, dengan menggunakan sertifikat digital mampu dibuktikan keaslian dari pemilik sebuah pesan atau dokumen digital tersebut. Keamanan sertifikat digital dapat dibuktikan apabila ada pengubahan data dalam dokumen maka akan memunculkan keterangan data invalid.

Saat ini Kementerian Kominfo fokus sebagai Root CA Nasional atau Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) Induk yang merupakan induk dari CA/PSrE baik pemerintah maupun swasta yang berinduk kepada Kominfo sebagai Root CA. Root CA memberikan kewenangan kepada CA/PSrE sebagai penjamin identitas masyarakat. CA/PSrE CA adalah lembaga yang menerbitkan sertifikat digital, menandatangani sertifikat untuk memverifikasi validitasnya dan melacak sertifikat yang telah dicabut atau kedaluwarsa.

Website: https://www.rootca.or.id

Print Friendly, PDF & Email