Bimtek Website Aptika – Des 2018

Kabag PPP Setditjen Aptika, Siswoko memberi sambutan bimbingan teknis website Aptika (13/12/2018).

Jakarta, Ditjen Aptika – Menindaklanjuti Surat Tugas Sesditjen Aptika No: 2190/DJAI.1/KP.01.06/12/2018 untuk melakukan kegiatan “Bimbingan Teknis Kontributor Website Ditjen Aptika”, telah dilaksanakan tugas tersebut pada tanggal 13 – 14 Desember 2018 di Pusat TIK Nasional Kominfo, Ciputat.

Rapat dihadiri oleh narasumber Anton R. Pardede (PC Media), Heru Margianto (Kompas.com), perwakilan dari Biro Humas, Dit. Pemberdayaan Informatika, Dit. Pengendalian, Dit. Tata Kelola, dan Bagian PPP sebagai pelaksana kegiatan.

Kabag PPP Setditjen Aptika, Siswoko memberi arahan sebagai berikut:

  • Bimtek akan memperkaya wawasan dan meningkatkan keahlian menulis berita sehingga diharapkan terjadi perbaikan penyajian informasi di website Aptika;
  • Kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Ditjen Aptika perlu disampaikan melalui website Ditjen Aptika secara cepat, maksimal 3 (tiga) hari kerja, sehingga dibutuhkan kerja sama seluruh direktorat dalam menyampaikan liputan berita;
  • Keterbatasan SDM harus disiasati dengan perubahan pola pikir (mindset) dimana seluruh pegawai nantinya mampu melaksanakan liputan dan menulis berita secara baik dan cepat, antara lain melalui pelaksanaan bimtek hari ini.

Kegiatan pelatihan penulisan berita dapat dirangkum sebagai berikut, dengan bahan presentasi ada di lampiran:

  • Pelatihan melanjutkan bimtek pada bulan November 2018, dengan penekanan menulis secara cepat dan relevan sesuai arahan Sesditjen Aptika;
  • Konsep penulisan berita adalah hardnews (referensi Kompas.com), yaitu to the point, hanya fakta, 5w + 1h, dan struktur piramida terbalik;
  • Sudut pandang penulisan adalah untuk konsumsi publik:
    1. Hindari sudut pandang pelaksana kegiatan / lapgas / administratif,
    2. Mengangkat satu sisi (angle), bukan laporan kegiatan lengkap,
    3. Relevan dengan program-program yang sedang dikerjakan Aptika;
  • Setiap paragraf berisi 1-3 kalimat, hindari menulis terlalu panjang;
  • Struktur piramida terbalik:
    1. Judul paling penting (what) – menarik, menggambarkan isi berita,
    2. Par-1 = bagian / kelanjutan dari judul (what),
    3. Par-2 = triple-w (who where when), paling mudah kutipan,
    4. Par-3 = how, menjelaskan bagaimana dari topik yang diangkat,
    5. Par-4 = why, menjelaskan mengapa dari topik,
    6. Par-5 = keterangan tambahan, sisi lain / sub judul, dst.
  • Sertakan foto-foto kegiatan sebagai informasi penjelas;
  • Perlu mencari karakter berita di website Aptika:
    1. Identik dengan kampanye atau program prioritas Aptika: pembentukan image yang positif dan pelibatan publik dalam setiap kebijakan Aptika,
    2. Mewakili pernyataan resmi Aptika: sebagai respon atas kebijakan pemerintah atau pertanyaan masyarakat/ publik,
    3. Aktivitas komunikasi Aptika dengan masyarakat: umpan balik masyarakat.

Paparan dan diskusi tata kelola website dapat dirangkum sebagai berikut:

  • Perlu mencari tahu target pembaca dari website Aptika, misalnya siapa, umur berapa, kesukaannya apa, melalui FGD bersama pihak-pihak terkait / publik, misalnya pembaca PC Media banyak menyukai ulasan hardware / benchmark;
  • Dalam melakukan FGD paling penting adalah: siapa yang perlu ditanya dan pertanyaan yang benar agar mendapat respon yang tepat;
  • Buat SOP Redaksi sebagai pedoman dasar (konstitusi) penulisan berita;
  • Struktur Tim Redaksi website paling tidak terdiri dari:
    1. Redaktur Pelaksana sebagai penanggungjawab redaksional website,
    2. Sekretaris Redpel sebagai pembantu Redpel dalam tugas sehari-hari,
    3. Editor, bertugas merapikan tulisan sebelum terbit, sebagai ‘pintu terakhir’ yang menentukan gaya berita dan penyajian laporan, serta
    4. Reporter / kontributor, melakukan liputan kegiatan, dapat dilakukan oleh seluruh pegawai di Setditjen maupun seluruh direktorat;
  • Bila website Aptika mempunyai prioritas meliput kegiatan dirjen, perdalam pengetahuan pribadi ybs, seperti hobi, dan riwayat, untuk memperkaya tulisan;
  • Lakukan evaluasi pengunjung website secara berkala, misalnya dengan Google Analytics atau WordPress Statistic, sehingga kita dapat melihat pergerakan pengunjung harian/ bulanan dan membaca artikel/ berita apa.

Tindak lanjut dari bimtek dan diskusi tata kelola website yaitu:

  • Dibuat grup WhatApp “Newsroom Aptika” berisi kontributor-kontributor dari direktorat dan Setditjen untuk berdiskusi mengenai bahan dan teknik penulisan;
  • Berdasarkan rekomendasi dari Kasubbag TU setiap direktorat, ditentukan nama-nama yang akan masuk dalam SK Tim Pengelola Website, yaitu:
    1. Nova Samsul Arif dari Dit. Tata Kelola,
    2. Nova Zanda dari Dit LAIP,
    3. Puti Adella dari Dit. Ekonomi Digital,
    4. Hasanah Eka dari Dit. Pemberdayaan Informatika, dan
    5. Bambang Nurdiyanto dari Dit. Pengendalian;
  • Perbaikan yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu pedoman penulisan (bersama Biro Humas), SK Tim Pengelola Website, manual / desain / fitur-fitur website dan SOP Redaksi Website.
Eks Pemimpin Redaksi PC Media, Anton R. Pardede memberi masukan tata kelola redaksi majalah (13/12/18).

Dokumentasi Bimbingan Teknis Kontributor Website Aptika, bulan Desember 2018.

 

Print Friendly, PDF & Email