Kominfo Kembali Gelar Kompetisi IdenTIK di Tahun 2023

Prof. Eko K. Budiarjo (Guru Besar Tetap Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia sebagai Ketua Dewan Juri IdenTIK 2023) saat memberikan sambutan pada Kick Off IdenTIK 2023 di Binus University, Bekasi, Selasa (07/03/2023).

Bekasi, Ditjen AptikaDalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dan menuju Masyarakat Cerdas 5.0, Pemerintah Indonesia membutuhkan inovasi dan kreativitas para pengembang aplikasi. Revolusi Industri 4.0 sendiri memerlukan kesiapan infrastruktur digital yang handal dan inovasi teknologi yang mumpuni, sedangkan Masyarakat Cerdas 5.0 berfokus pada pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Oleh karena itu, Kementerian Kominfo (Kemkominfo) kembali menggelar Kompetisi Seleksi Nasional Indonesia Enterpreneur TIK (IdenTIK) untuk tahun 2023.  Program IdenTIK merupakan wujud nyata dukungan Kemkominfo terhadap ekosistem digital Indonesia sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan digital yang aman dan inovatif.

IdenTIK merupakan program pengembangan dari ID.UP, sebuah wadah kompetisi untuk mendorong munculnya potensi produk TIK karya anak bangsa yang mampu unjuk gigi di mata dunia. 

Kategori lomba IdenTIK 2023 sebagai berikut:

  1. Public Sector
  2. Private Sector
  3. Inovasi Teknologi Konten Digital
  4. Digital Inclusivity
  5. Digital Start-up
  6. Digital Innovation

Sementara Dewan juri pada IdenTIK 2023 sebagai berikut:

  1. Prof. Eko K. Budiarjo dari Universitas Indonesia sebagai Ketua Dewan Juri
  2. Shita Laksmi dari Diplo Foundation sebagai juri kategori Public Sector
  3. Didik Partono Rudiarto dari Inixindo sebagai juri kategori Private Sector
  4. Jurike V. Moniaga dari Universitas Bina Nusantara sebagai juri kategori Digital Inclusivity
  5. Barry Simorangkir dari Citra Optimal sebagai juri kategori Inovasi Teknologi Konten Digital
  6. Rama Mamuaya dari Dailysocial.id sebagai juri kategori Digital Start-up
  7. Yudho Giri Sucahyo dari ISOC Indonesia Jakarta Chapter sebagai juri kategori Digital Innovation

Setelah ditetapkan sebagai Karya Terpilih IdenTIK 2023, peserta akan berkesempatan diikutsertakan ke ajang internasional yaitu AICTA di 2024. AICTA (Asean ICT Award) adalah program dan proyek prestisius yang disepakati oleh menteri-menteri telekomunikasi negara ASEAN. AICTA dijadikan sebagai tolak ukur kesuksesan dalam hal inovasi dan kreativitas.

Melalui AICTA, peserta diharapkan bisa mendapatkan kesempatan bisnis dan mempromosikan hubungan dagang sambil meningkatkan kekuatan ICT Asean, baik secara lokal maupun regional. Tahun 2024, penyelenggaraan AICTA rencananya akan dilaksanakan di Thailand.

Timeline Roadshow IdenTIK 2023

IdenTIK dan AICTA ini merupakan sarana sekaligus ajang kompetisi untuk mendorong pertumbuhan pelaku industri lokal serta tersedianya perangkat lunak dari pengembang lokal yang berkualitas dan siap bersaing pada kawasan ASEAN dan global.

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran IdenTIK 2023 dapat mengunjungi website www.identik.id atau Instagram @identik_kominfo.

Print Friendly, PDF & Email