IdenTIK 2023, Jaring Inovasi TIK yang Punya Peluang Usaha

Foto bersama para pengisi acara saat Kick Off IdenTIK 2023 di Binus University Bekasi Selasa (07/03/2023).

Bekasi, Ditjen Aptika – Ajang Seleksi Nasional Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) kembali digelar di tahun 2023 untuk menghasilkan inovasi TIK yang memiliki peluang usaha. Kompetisi ini menjaring karya-karya lokal di bidang TIK yang dapat berdampak besar bagi bangsa.

At the end, it has to create a business. Jadi seluruh inovasi yang ada dalam IdenTIK ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha,” ujar Direktur Pemberdayaan Informatika, Boni Pudjianto dalam sambutannya pada Kick Off Seleksi Nasional IdenTIK 2023 di Binus University, Bekasi, Selasa (07/03/2023).

Boni mengatakan, IdenTIK bisa menjadi wadah tidak hanya bagi para pegiat TIK, namun juga entrepreneur bidang TIK, untuk menampilkan karya terbaik mereka.

“IdenTIK bisa menjadi wahana untuk mengekspos karya terbaik pegiat TIK. Selain itu program ini juga bisa dimanfatkan sebagai pengemban bisnis yang teman-temen miliki,” tambahnya.

Direktur Pemberdayaan Informatika saat memberi sambutan pada Kick Off IdenTIK 2023 di Binus University Bekasi, Selasa (07/03/2023).

IdenTIK sendiri merupakan dukungan Kementerian Kominfo (Kemkominfo) melalui Direktorat Jenderal Aptika terhadap ekosistem digital Indonesia. Selain untuk menggali potensi anak bangsa, ajang ini diselenggarakan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan digital yang aman dan inovatif.

Di tahun ini enam kategori yang dilombakan dalam IdenTIK yaitu Public Sector, Private Sector, Inovasi Teknologi Konten Digital, Digital Inclusivity, Digital Startup dan Digital Innovation.

Tiga karya terbaik di setiap kategori akan ditetapkan sebagai Karya Terpilih IdenTIK dan akan memperoleh pembinaan serta pelatihan dari para juri. Nantinya seluruh karya terpilih akan maju pada kompetisi regional ASEAN ICT Awards (AICTA) di tahun 2024 mendatang.

Lihat juga: 18 Pemenang IdenTIK 2022 Siap Maju ke AICTA 2023

Sementara itu, Kepala Bidang E-Government Kominfostandi Kota Bekasi, Arwani pun menyambut baik penyelenggaraan IdenTIK. Ia menyebut, kompetisi ini bisa menciptakan peluang kolaborasi untuk meningkatkan potensi anak bangsa dalam pemanfaatan TIK.

“Melalui IdenTIK ini kami menjadi semakin terlibat dalam pengembangan dan pemanfaatan TIK,” katanya.

Arwani menambahkan, inovasi-inovasi yang dihasilkan dari IdenTIK diharapkan bisa mendorong pembangunan Kota Bekasi sebagai Smart City. “Mudah-mudahan hasil dari kompetisi ini bisa kami kolaborasikan, bisa kami gunakan untuk membangun Bekasi sebagai smart city, kota berbasis digital,” sebutnya.

Turut hadir pada acara Kick Off tersebut Dewan Juri IdenTIK 2023 dari kategori Digital Inclusivity, Jurike V Moniaga dan kategori Digital Innovation, Yudho Giri Sucahyo. (hdy)

Print Friendly, PDF & Email