Kemkominfo Terima Aduan Konten Bermuatan Perjudian

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, usai menghadiri pertemuan World Economic Forum (WEF) Global Coalition on Digital Safety Inaugural Meeting 2021 yang berlangsung virtual dari Jakarta, Kamis (16/09/2021) malam. - (Foto: AYH)

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai konten negatif terkait Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat masih ramai diberitakan media. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengajak masyarakat ikut aktif menjaga ruang digital dari situs-situs perjudian online.

“Kominfo menerima aduan dari masyarakat melalui aduankonten.id jika ada muatan perjudian di ranah daring, dan tentu akan segera mengambil tindakan tegas jika memang terverifikasi ada unsur perjudian,” ujar Johnny dikutip dari Republika.co.id, Kamis (4/8/2022).

Disampaikan Menkominfo, Kementerian Kominfo terus melakukan monitoring, evaluasi dan verifikasi terhadap seluruh sistem elektronik dan/atau situs perjudian online melalui patroli siber yang dilakukan 24 jam non-stop setiap harinya.

Origin Telah Terdaftar PSE, Kemkominfo Buka Blokir

Masih terkait pendaftaran PSE Lingkup Privat, Kemkominfo telah membuka akses terhadap platform game Origin.com. Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan menyampaikan bahwa PSE Electronic Arts telah mendaftarkan sistem elektronik Origin.com.

“Normalisasi akses Origin.com telah dilakukan sejak pukul 14.00 WIB pada hari Rabu, 3 Agustus 2022,” ujar Semuel, dikutip dari Bisnis.com, Kamis (4/8/2022).

Belum lama ini Kemkominfo telah meminta bantuan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk berkomunikasi dengan sejumlah platform yang terblokir akibat belum terdaftar sebagai PSE. (hth)

Print Friendly, PDF & Email