Menkominfo: Komisi I DPR Kebut RUU Perlindungan Data Pribadi

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam sesi doorstop usai berkunjung ke Monumen Pers Nasional, Surakarta, Kamis (01/04/2021). (Foto: AYH)

Jakarta, Ditjen Aptika – isu mengenai Rancangan Undang – Undang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP) sedang ramai diberitakana media beberapa hari terakhir. Pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) masih berlangsung. Komisi I DPR RI menargetkan regulasi tersebut rampung bulan ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan rapat pembahasan tersebut bahkan dilakukan maraton oleh legislatif. “Saya harapkan itu kalau bisa segera selesai akan sangat bagus dan saya mendengar bahwa para anggota DPR juga punya semangat yang sama,” kata Johnny di kantornya, dikutip dari bisnis.com, Selasa (7/6/2022).

Sebagaimana diketahui, kehadiran UU PDP terus dinanti banyak pihak. Saat ini pembahasan RUU tersebut telah mengalami kemajuan positif. Pemerintah dan Komisi I sudah mendapatkan titik temu terkait pembahasan kebijakan tersebut.

Kominfo Hapus 5.772 Hoaks Seputar Covid-19

Isu hoaks terkait Covid-19.

Sementara itu isu mengenai hoaks juga mewarnai pemberitaan. Hoaks seputar Covid-19 yang tersebar di media sosial masih menjadi kendalan dalam penanganan pandemi. Pasalnya, informasi palsu tersebut dapat menyesatkan pihak yang mudah mempercayainya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan penanganan terhadap informasi palsu tersebut, baik dengan menghapus konten dan memprosesnya ke penegak hukum.

Dikutip dari liputan6.com melalui situs Kominfo hingga 6 Mei 2022 didapat data sebanyak 5.772 hoaks seputar Covid-19 telah dihapus dari 6.047 hoaks seputar penyakit tersebut yang beredar di media sosial. Kemudian sebanyak 767 hoaks telah diserahkan ke penegak hukum.

Hoaks seputar Covid-19 paling banyak yaitu Facebook mencapai 5.084, Twitter sebanyak 585, YouTube sebanyak 54, Instagram  sebanyak 44, dan TikTok sebanyak 26 unggahan hoaks seputar Covid-19 telah dihapus Kominfo. (hth)

Print Friendly, PDF & Email