Ekonomi Membaik, Sektor Usaha Transportasi dan Pergudangan Tumbuh 15,79%

Menkominfo Johnny G. Plate saat Peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional bertema "Ayo Bangkit Bersama" di Gedung Kominfo Jakarta (20/5/2022). (Foto: AYH/Biro Humas)

Jakarta, Ditjen Aptika – Tiga lapangan usaha tumbuh tinggi seiring makin normalnya aktivitas masyarakat dan pulihnya perekonomian. Mengutip data BPS di Triwulan I 2022, ekonomi Indonesia bertumbuh 5,01% dimana hampir seluruh lapangan usaha mencatat kenaikan positif.

“Tiga lapangan usaha mengalami pertumbuhan, tertinggi yakni sektor usaha transportasi dan pergudangan sebesar 15,79 persen,” kata Menteri Kominfo, Johnny G. Plate saat acara Peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2022 di Jakarta, Jumat (20/5).

Dilanjutkan oleh Menkominfo, pertumbuhan tinggi berikutnya yaitu sektor jasa-jasa lain sebesar 8,29 persen, dan sektor informasi dan komunikasi sebesar 7,14 persen.

“Jangan biarkan keadaan membelenggu kita dalam masa-masa sulit. Kita tidak akan pernah bergerak dan berubah bila hanya saling menunjuk. “Ayo Bangkit Bersama” agar Indonesia kembali jaya, semangat ini lah yang akan kita bawa pada 114 Tahun Hari Kebangkitan Nasional,” tegas Johnny.

Ia pun mengajak segenap lapisan bangsa ikut mengenang hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo pada 20 Mei 1948. Semangat memperkuat persatuan bangsa saat itu masih relevan di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik Ukraina–Rusia saat ini yang menyebabkan kondisi global menjadi tidak stabil.

“Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,” urai Johnny.

Peringatan Harkitnas 2022 turut dihadiri oleh para pejabat Eselon 1 dan Eselon 2 di lingkungan Kemkominfo (20/5/2022).
Peringatan Harkitnas 2022 juga diselenggarakan secara daring yang dihadiri para pegawai Kemkominfo dari seluruh Indonesia (20/5/2022).

Menkominfo juga menyambut baik penanganan Covid-19 di tingkat nasional yang kian menunjukkan hasil positif. Kasus baru harian tercatat di bawah 400 kasus, dan total kasus aktif berada di bawah angka 5.000 kasus per 13 Mei 2022. Capaian vaksinasi dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen.

“Namun demikian, kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan,” pungkas Menteri Johnny. (mhk)

Print Friendly, PDF & Email