Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan, 100 Pelaku UMKM Dairi Dibekali Pelatihan DEA

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu bidang aptika yang mendominasi pemberitaan dalam 24 jam terakhir ialah mengenai UMKM Go Online. Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Dairi dari berbagai sektor usaha mengikuti pelatihan Digital Entrepreueurship Academy (DEA). Pelatihan digelar di Hotel Beristera, Sitinjo Dairi Sumatra Utara, pada 15 – 16 Maret 2022.

Bupati Dairi Eddy Berutu dalam sambutannya yang  disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dairi Aryanto Tinambunan menyambut baik pelaksanaan kegiatan Digital DEA bagi pelaku usaha UMKM di Dairi.

“UMKM menjadi salah satu sektor penting bagi ekonomi bahkan di seluruh penjuru dunia saat ini. Namun masih sedikit yang masuk dalam ekosistem ekonomi digital,” kata Aryanto dikutip dari mediaindonesia.com pada, Selasa (15/03/2022).

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Ibrar Samekto menyampaikan program pelatihan DEA yang digelar saat ini sebagai usaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi internet dan platform e-commerce dalam memasarkan hasil usahanya secara lebih luas lagi. Pelatihan ini diharap dapat membantu pelaku UMKM untuk berkembang dan maju, salah satunya melalui digital marketing. Memudahkan pelaku UMKM saat ini bisa go-online.

Gandeng Siberkreasi dan Spotify, Kominfo Adakan Kelas Podcast

Isu bidang aptika lainnya dalam 24 jam terakhir ialah mengenai Literasi Digital. Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) dan Siberkreasi bersama Spotify kembali mengadakan Kelas Podcast. Pada kesempatan kali ini, Kominfo mengangkat tema tentang olahraga.

Dirjen Aptika Kemkominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan hadirnya Kelas Podcast tidak terlepas dari tingginya minat masyarakat untuk mendengarkan sumber informasi tersebut. Bahkan, Global Web Index (GWI) menyebutkan Indonesia berada di posisi kedua pendengar podcast terbanyak di dunia per kuartal III 2021 dengan 35,6% dari pengguna internetnya mendengarkan podcast setiap minggu.

“Seiring bertambahnya minat di bidang podcast, maka diperlukan edukasi literasi digital untuk memastikan bahwa penggunanya mampu memanfaatkan platform podcast untuk menghasilkan konten digital yang positif,” kata Samuel dalam keterangan dikutip dari detik.com pada Selasa (15/03/2022).

Samuel menerangkan Kelas Podcast ini nantinya akan menyasar sejumlah kalangan konten kreator di bidang olahraga, komunitas, klub, dan seluruh masyarakat. Terakhir, Samuel mengatakan bagi masyarakat yang ingin mengikuti keseruan acara tersebut bisa langsung kunjungi web ini siniarolahraga dan info.literasidigital.id. (hth)

Print Friendly, PDF & Email