Kominfo Umumkan Berita Marc Marquez Ditolak RS adalah Hoaks

Jakarta, Ditjen Aptika – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengaku kaget mendengar kabar Marc Marquez ditolak masuk ke rumah sakit, usai alami kecelakaan di sesi pemanasan MotoGP Mandalika 2022, Minggu (20/3/202).

Namun, kabar itu ternyata tidak benar. Setelah dikroscek berita itu hanya meme yang viral di media sosial. Sebagaimana diketahui, pembalap Repsol Honda Marc Marquez terjatuh untuk keempat kalinya.

Johnny G. Plate yang melihat langsung Media Center Indonesia (MCI) sempat bertanya-tanya terkait kebenaran informasi itu. Namun ia lega setelah diinformasikan bahwa itu sekadar meme yang viral di media sosial.

“Oh begitu, kirain beneran. Terus kalau Marquez kecelakaan siapa dong yang diunggulkan,” ujar Menteri Kominfo seperti dikutip dari Okezone.com, Minggu (20/03/2022).

Menteri Johnny sempat berdiskusi sebentar mengenai perkembangan balapan. Terutama mengenai kondisi rekan-rekan pewarta selama meliput MotoGP Mandalika. Di sisi lain, hingga saat ini belum ada informasi lanjutan terkait kondisi Marquez.

Gandeng Spotify, Kemenkominfo Bikin Podcast Bertema Olahraga

Isu mengenai dunia digital juga dibicarakan di media. Kemkominfo punya cara baru untuk memberikan literasi digital. Yakni, lewat platform podcast. Berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi dan Spotify, mereka membuat program podcast bertema olahraga. Program podcast gratis itu akan dihelat daring mulai 19 Maret hingga 3 April 2022.

“Kami melihat literasi digital sebagai komponen kunci yang harus dimiliki setiap pembuat konten agar dapat menghasilkan karya yang berdampak positif,” beber Dirjen Aptika, Semuel A. Pangerapan dikutip dari RCTIPlus.com, Minggu (20/03/2022).

Semuel juga menyebut bahwa inisiatif tersebut akan menghadirkan tolak ukur baru, khususnya dalam memahami literasi digital. Sebagai rangkaian kedua dari Kelas Podcast Siberkreasi 2022, kelas tersebut akan mengupas dasar-dasar pembuatan podcast audio berkualitas. Khususnya, aplikasi khusus untuk membuat podcast bertema olahraga. (pag)

Print Friendly, PDF & Email