Daftar 1.222 Situs Trading yang Diblokir Bappebti karena Ilegal

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai pemblokiran ramai diberitakan media selama 24 jam terakhir. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi ( Bappebti ) Kementerian Perdagangan memblokir 1.222 situs web Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) sepanjang 2021. Tindakan itu mereka lakukan karena 1.222 situs PBK itu ilegal.

Plt. Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardhana mengatakan tindakan tegas itu dilakukan lembaganya guna memperkuat perlindungan masyarakat dari bahaya investasi ilegal yang merugikan. “Sepanjang 2021, Bappebti bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memblokir 1.222 domain situs web perdagangan berjangka komoditi tanpa izin dan judi berkedok trading,” ungkap melalui keterangan resmi, dikutip dari cnnindonesia.com,Rabu (02/02/2022).

Ia mengimbau masyarakat selalu memeriksa legalitas perusahaan yang menawarkan investasi, mengetahui untung dan ruginya, tidak mudah percaya dengan iming-iming pendapatan tetap, pendapatan pasif, dan keuntungan yang tinggi. Untuk melihat daftar lengkap 1.222 situs yang diblokir bisa membuka laman bappebti.go.id

Menteri Johnny Dorong Industri Hiburan Adaptasi dengan Teknologi Digital
Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam sesi doorstop usai berkunjung ke Monumen Pers Nasional, Surakarta, Kamis (01/04/2021). (Foto: AYH)

Selain itu, isu mengenai eventori super app juga ramai diberitakan media. Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate mendorong industri hiburan segera beradaptasi dengan teknologi digital. Menurut Johnny, langkah mau tidak mau harus dilakukan karena adanya disrupsi teknologi yang dipercepat oleh pandemi Covid-19.

“Kita melihat bagaimana perubahan yang begitu tinggi terhadap film televisi, film serial di televisi, terhadap film-film teatrikal, dampaknya begitu luar biasa sehingga dibutuhkan adaptasi yang cepat dan dibutuhkan agility yang tepat,” ujar Menteri Johnny, dikutip dari Beritasatu.com, Kamis (3/2/2022).

Lebih lanjut, Johnny menyatakan Pemerintah mengambil berbagai langkah-langkah baik di tataran regulasi maupun memberikan stimulus-stimulus, termasuk di dalamnya terhadap industri gim nasional. Kementerian Kominfo, kata dia, juga mendukung Indonesia Game Developer Exchange (IDGX) melalui berbagai program yakni IGDX Academy, IGDX Business, IGDX Conference dan lain-lainnya. (hth)

Print Friendly, PDF & Email