Jokowi Instruksikan RUU Pelindungan Data Pribadi Segera Rampung

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, saat membuka program literasi digital nasional dengan tajuk Indonesia Makin Cakap Digital, di Senayan Jakarta, Kamis (20/05/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai RUU PDP ramai diberitakan media selama akhir pekan. Presiden Joko Widodo menyatakan pelindungan data pribadi harus menjadi perhatian serius pemerintah dalam upaya perlindungan hak asasi manusia (HAM). Presiden menginstruksikan Menkominfo, Johnny G Plate segera menuntaskan RUU PDP yang hingga kini belum disahkan.

“Saya telah memerintahkan kementerian dan lembaga terkait untuk segera menuntaskan RUU Pelindungan Data Pribadi bersama DPR agar perlindungan hak asasi masyarakat dan kepastian berusaha di sektor digital dapat terjamin,” ucap Presiden dikutip oleh Medcom.id, Jumat (10/12/2021).

Dalam kesempatan itu, presiden juga merespons kegelisahan masyarakat terkait pemidanaan kebebasan berpendapat melalui UU ITE. Presiden menegaskan jangan sampai ada kriminalisasi atas kebebasan berpendapat.

SDM Kunci Keberhasilan Transformasi Digital

Dirjen SDPPI Kemkominfo, Ismail, saat acara Webinar IoT for Resilience in The Face of Pandemics, (30/09/2020).

Isu mengenai talenta digital juga ramai diberitakan media. Sumber daya manusia yang berkualitas diyakini menjadi salah satu faktor penting untuk mendukung keberhasilan agenda transformasi digital.

“Untuk sukses dalam transformasi digital kuncinya adalah menuntaskan atau membangun sumber daya manusia digital nasional,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos Kemkominfo Ismail, dikutip oleh Antaranews.com, Jumat (10/12/2021).

Ia menilai ada banyak aspek yang bisa memengaruhi transformasi digital, namun, semua bermula dari sumber daya manusia yang kompeten dengan kebutuhan dunia digital.

Ketua Umum Mastel, Sarwoto Atmosutarno juga berpendapat sumber daya manusia penting dalam literasi digital sehingga mereka bisa berperan dalam mendukung transformasi digital. Ia berharap semakin banyak masyarakat yang terliterasi digital. (pag)

Print Friendly, PDF & Email