Menkominfo Ajak Humas Pemerintah Kreatif Ciptakan Konten Digital

Menteri Johnny saat membacakan sambutan dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan 5 Anggota Dewan Pengawas LPP RRI Periode 2021-2026, Jumat (15/10).

Jakarta, Ditjen Aptika – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mengajak humasan pemerintah untuk kreatif menciptakan konten digital yang mengikuti tren masa kini dan memanfaatkan teknologi digital.

“Selain kreatif, agar konten-konten yang dirilis dapat menjangkau cakupan masyarakat yang lebih luas dengan demografi yang lebih beragam. Tidak hanya mengungkap fakta, tetapi juga membangun humanisme,” kata Johnny dalam sambutannya di malam Anugerah Media Kehumasan (AMH) 2021 di Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Di era digital, humas pemerintah menjadi instrumen vital untuk mendiseminasi informasi kebijakan dan program-program pemerintah. Informasi yang disebarkan tidak hanya menjangkau satu generasi tetapi juga lintas generasi, mulai dari generasi baby boomers, Gen X, generasi milenial, Gen Z, hingga generasi Alpha.

Dilanjutkan oleh Menkominfo, konten digital yang dibuat tidak hanya berupa tulisan, tapi juga konten berbentuk visual hingga grafis. “Harus mampu menarik hati masyarakat, seperti infografis, video pendek, bahkan menyentuh fitur virtual reality,” tuturnya.

Untuk itu inovasi dan kreativitas harus terus dilakukan sehingga masyarakat tertarik bahkan mengikuti pesan yang dibagikan jajaran humas, khususnya humas pemerintahan. Ajakan itu pun, sambung Johnny, berkaca pada data bahwa kini ruang digital dikuasai oleh generasi muda yaitu milenial dan generasi Z.

Menurut Menteri Johnny, dengan semakin beragamnya kelompok sasaran yang berpartisipasi di ruang digital, semakin besar pula ruang kreativitas bagi humas dalam berkarya. Terutama di situasi pandemi seperti sekarang.

“Humas pemerintah harus berperan mengorkestrasi dengan baik pesan-pesan positif untuk masyarakat, sehingga penanganan pandemi Covid-19 saat ini menjadi optimal di setiap daerah di Indonesia,” katanya.

Lihat juga: Tingkatkan Komunikasi Publik, Setditjen Aptika Dorong Publikasi Lewat Website

Johnny pun tidak lupa mengapresiasi kinerja para humas di seluruh jajaran pemerintah, mulai dari pusat hingga daerah, karena telah bersinergi menghasilkan karya terbaik meski di masa sulit.

“Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para insan humas pemerintah, baik dari kementerian dan lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD hingga Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia,” pungkas Johnny. (awi/magang)

Print Friendly, PDF & Email