Kemkominfo Lakukan Literasi Digital untuk Cegah Pinjol Ilegal

Menteri Kominfo, Johnny G Plate, saat Webinar Berita Satu dengan tema Mewaspadai Jeratan Pinjaman Online Ilegal, Kamis (19/08/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai pinjaman online ramai diberitakan media selama akhir pekan. Media mengangkat Kemenkominfo yang terus berupaya untuk memberantas layanan jasa keuangan pinjaman online ilegal di tanah air.

Berbagai langkah dilakukan, termasuk kerja sama dengan berbagai kementerian/lembaga terkait untuk memberantas pinjol ilegal. Salah satu langkah yang dilakukan oleh Kemkominfo adalah melakukan literasi digital.

Menkominfo, Johnny G. Plate mengatakan pihaknya secara konsisten melakukan kegiatan literasi digital di 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia dengan target jumlah partisipan sebanyak 12,4 juta pada 2021 ini. Dan diharapkan 50 juta peserta pada 2024.

“Kegiatan yang diselenggarakan bersama lebih dari 114 mitra memberikan edukasi di 4 pilar literasi digital, aman bermedia digital, budaya bermedia digital, cakap bermedia digital, dan etis bermedia digital. Semuanya merupakan upaya meningkatkan kemampuan masyarakat mencerna informasi yang beredar di internet, termasuk informasi tentang pinjol,” kata Johnny yang dikutip dari Beritasatu.com, Jumat, (29/10/2021).

Hoaks Vaksin Covid-19 Masih Banyak, Kominfo Turunkan 2.307 Konten di Media Sosial

Isu mengenai hoaks vaksin Covid-19 masih ramai diberitakan media. Media terus melaporkan temuan hoaks seputar vaksin covid-19. Hingga Kamis (28/10/2021) terdapat 372 temuan hoaks yang tersebar di berbagai media sosial dan sebarannya mencapai 2.307 konten.

Dikutip dari Liputan6.com, sebaran hoaks paling banyak ditemukan di Facebook. Di sana terdapat 2.131 konten hoaks seputar vaksin covid-19. Sementara Twitter berada di posisi kedua. Dalam catatan Kementerian Kominfo ada 108 sebaran hoaks soal vaksin covid-19 di platform ini.

Tercatat, ada 43 hoaks di YouTube dan 21 di TikTok. Lalu 18 sebaran hoaks sisanya ditemukan Kemkominfo berada di Instagram. Pihak Kementerian Kominfo sudah melakukan takedown kepada semua informasi hoaks tersebut.

Salah satu postingan soal vaksin covid-19 yang sudah ditelusuri kebenarannya oleh Cek Fakta adalah hoaks video penyuntikan vaksin covid-19 kosong bagi murid sekolah Tiongkok di Jakarta. (pag)

Print Friendly, PDF & Email