Jaringan 5G Pertama Hadir di PON Papua

5G Experience Center

Jakarta, Ditjen Aptika – Belum lama jaringan 5G diluncurkan di Indonesia, kini cakupannya telah sampai di ujung timur Indonesia, Papua. Bertepatan dengan digelarnya PON XX Papua 2021.

PON XX menjadi waktu yang tepat untuk memperkenalkan pengalaman konektivitas 5G kepada masyarakat di Papua. Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang membawa 5G dapat diakses dari Bumi Cendrawasih. Jaringan 5G ini tentunya menawarkan pengalaman akses internet yang lebih unggul dari teknologi sebelumya, seperti koneksi data yang lebih cepat.

Sebagai the first 5G operator di Indonesia, Telkomsel berkomitmen untuk memperluas edukasi serta akses pengalaman jaringan 5G secara bertahap dan terukur. Hal tesebut  dikatakan langsung oleh Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam pada Selasa (5/10/2021).

“Mendukung gelaran PON XX Papua 2021, Telkomsel sebagai bagian dari Telkom Group menjadi operator telekomunikasi digital terdepan Indonesia pertama yang menghadirkan pengalaman konektivitas digital berteknologi jaringan broadband terdepan 5G untuk masyarakat Papua,” jelas Hendri dilansir dari laman resmi Telkomsel.

Selama PON XX Papua 2021 berlangsung pada 2-15 Oktober 2021, masyarakat dan pengunjung juga dapat menikmati pengalaman digital dengan jarigan 5G melalui gelaran show case Telkomsel 5G experience center di kawasan Stadion Lukas Enembe. Telkomsel menghadirkan stan menakjubkan yang dapat dikunjungi secara langsung.

Sejumlah contoh pemanfaatan teknologi 5G yang ditampilkan diantaranya yaitu, 5G Virtual Reality atau (VR) Live. VR Live untuk menyaksikan kegiatan di dalam stadion secara langsung dengan pengalaman yang menyenangkan. Kemudian ada 5G VR Based Drone, untuk melihat secara keseluruhan area stadion. Hingga 5G VR Tourism dengan fitur tur virtual yang memuat konten edukasi kekayaan alam dan budaya Papua.

Guna memaksimalkan pengalaman eksklusi teknologi 5G di negeri Cendrawasih ini, Telkomsel juga menghadirkan layanan kepada para pelanggannya yang ingin mengakses jaringan tersebut langsung dari smartphone-nya. Telkomsel mengenalkan self-provisoining layanan 5G melalui aplikasi MyTelkomsel. Melalui fitur ini pengguna dapat mengetahui apakah perangkat, simcard dan lokasi mereka sudah memungkinkan untuk mengakses layanan Telkomsel 5G.

Kehadiran konektivitas digital melalui jaringan 5G ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mendorong kemajuan masyarakat Papua. Penerapan teknologi ini, diharapkan dapat terus diakselarasikan secara terukur, bertahap dan merata di seluruh Indonesia.

Jangan lupa untuk dukung terus daerah kalian untuk memperebutkan gelar juara PON XX Papua. Mari jadikan PON XX Papua 2021,2-15 Oktober sebagai wadah pemersatu bangsa. Pon XX Papua, Torang Bisa! (awi)

Print Friendly, PDF & Email