Menkominfo Apresiasi Tokopedia Start Summit sebagai Penguatan Talenta Digital

Menkominfo, Johnny G Plate saat membuka Tokopedia Start Summit 2021 secara virtual, Sabtu (03/07/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memberikan apresiasi kepada Tokopedia yang menyelenggarakan Start Summit 2021. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat mendukung akselerasi transformasi digital melalui penguatan talenta digital.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi atas komitmen Tokopedia untuk turut berkontribusi dalam kolaborasi anak bangsa, memperkuat sumber daya manusia digital Indonesia. Melalui Start Summit 2021 ini kami berharap dapat menjadi ajang untuk mempelajari serta memahami berbagai topik,” ucap Menkominfo Johnny G. Plate saat membuka Tokopedia Start Summit 2021 secara virtual, Sabtu (03/07/2021).

Topik-topik yang akan dibahas dalam Tokopedia Start Summit, sebut Menkominfo, seperti core engineering, infrastructur and productivity, data, maupun hal-hal inovatif dan produktif lainnya.

Lihat juga: Wujud Komitmen Majukan Ekosistem Digital, Tokopedia Gelar Start Summit 2021

Dalam kesempatan itu Menkominfo juga menjelaskan bahwa Indonesia Maju merupakan visi besar bangsa Indonesia yang diwujudkan melalui upaya bersama seluruh komponen bangsa. Salah satu kolaborasi tersebut melalui akselerasi transformasi digital nasional.

“Akselerasi transformasi digital tidak hanya ditopang oleh infrastruktur digital, ekonomi digital, dan pemerintahan digital saja. Namun juga butuh sumber daya manusia digital atau talenta digital yang berkualitas, berkelanjutan, dan dalam jumlah yang cukup,” ungkapnya.

Dalam 15 tahun ke depan Indonesia membutuhkan setidaknya 9 juta talenta digital yang terlatih guna menjamin kebermanfaatan dan keberlangsungan transformasi digital Indonesia. Oleh karenanya, Kemkominfo melakukan berbagai upaya penguatan kesiapan kualitas dan kuantitas talenta digital Indonesia dalam kapasitasnya sebagai fasilitator, regulator, dan sebagai akselerator transformasi digital Indonesia.

“Penguatan talenta digital Indonesia dirancang secara komprehensif demi mencakup semua lini kecakapan. Di tingkat dasar ada program Indonesia Makin Cakap Digital melalui GNLD Siberkreasi Ditjen Aptika, di tingkat menengah ada Digital Talent Scholarship, dan pada tingkat lanjutan ada Digital Leadership Academy,” info Menteri Johnny.

“Di era digital ini, platform digital seperti Tokopedia harus mengambil bagian dalam kolaborasi anak bangsa memenuhi kebutuhan talenta digital nasional Indonesia,” lanjutnya.

Ia berharap Start Summit 2021 maupun program-program penguatan talenta digital lainnya yang diselenggarakan Tokopedia dapat semakin maju dan terus meningkat target cakupannya. Kerja sama seperti itu dapat meningkatkan kesiapan talenta digital Indonesia, sekaligus membuka berbagai peluang.

“Mari bersama-sama kita perkuat kolaborasi anak bangsa dalam bertransformasi digital menuju Indonesia Terkoneksi, Semakin Digital Semakin Maju,” pungkas Menkominfo.

Program-program Penguatan Talenta Digital Tokopedia

Tokopedia Start Summit 2021 mengambil tema Trasnforming Indonesia through Technology Together (3/7).

Kegiatan Tokopedia Start Summit 2021 dapat diikuti melalui kanal video streaming Tokopedia Play, Official YouTube Inside Tokopedia, dan situs Tokopedia Academy pada Sabtu, 3 Juli 2021 pukul 09.00-18.00 WIB. Seluruh kelas yang tersedia dalam rangkaian kegiatan Tokopedia START Summit 2021 ini dapat diakses secara gratis dengan melakukan registrasi melalui situs Tokopedia Academy.

Selain START Summit, Tokopedia melalui Tokopedia Academy juga menghadirkan beragam inisiatif untuk talenta digital Indonesia.

Diantaranya START Summit Extension, START Women in Tech, Devcamp, Tokopedia Internship, Product Design Academy, Summer Acceleration Program, kolaborasi dengan universitas misal dalam membangun AI Center hingga modul perkuliahan.

Lihat juga: Tokopedia-UI AI Center, Memanfaatkan Kecerdasan Tiruan Ibarat Listrik

Tokopedia juga telah menghadirkan dua inisiatif guna mendukung Program Kampus Merdeka besutan Kemendikbud Ristek.

Pertama, program magang bersertifikat yang tersedia untuk tiga bidang, yaitu software engineering, marketing, dan business development. Kedua, Hackathon Devcamp yang merupakan kompetisi membangun produk dan solusi dalam waktu sangat singkat.

Pada acara Start Summit 2021 itu, selain Menkominfo hadir pula Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia (Leontinus Alpha Edison), CTO dan Senior Vice President of Engineering Tokopedia (Herman Widjaja), Vice President of Engineering dan Chief of Staff Technology Tokopedia (Aswin Tanu Utomo), serta sederet talenta digital Tokopedia lainnya. (lry)

Print Friendly, PDF & Email