Aplikasi PeduliLindungi Tersedia di Play Store

Aplikasi PeduliLindungi untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (Covid-19).

INILAHCOM, Jakarta – Aplikasi yang diinisiasi oleh Pemerintah untuk melacak penyebaran virus korona, PeduliLindungi, telah tersedia dan dapat diunduh oleh pengguna perangkat Android di Google Play Store.

“PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk menghentikan penularan Coronavirus Disease (Covid-19). Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan,” demikian penjelasan di kolom ‘Tentang Aplikasi’.

Setelah mengunduh aplikasi PeduliLindungi, Anda akan diarahkan untuk menjadi partisipan dengan mengisi nama lengkap dan mendaftarkan nomor ponsel yang Anda gunakan.

Untuk menjaga keamanan, Anda akan mendapatkan kode OTP melalui SMS. Lalu, PeduliLindungi akan meminta persetujuan Anda untuk mengambil data nomor ponsel agar dapat segera menghubungi Anda jika ditemukan adanya riwayat kontak dengan seseorang yang terinfeksi virus korona.

Kemudian, PeduliLindungi akan meminta izin untuk mengakses bluetooth, dan Anda pun telah berpartisipasi dalam mengentikan penyebaran virus korona.

Karena menggunakan bluetooth, disarankan untuk mengaktifkan mode power sharing. Pastikan PeduliLindungi aktif saat Anda berada di tempat umum.

Cara Kerja

Aplikasi PeduliLindungi menggunakan koneksi bluetooth di ponsel Anda untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Pertukaran data akan terjadi ketika ada perangkat lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi.

Aplikasi ini selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP).

Hal tersebut akan membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.

Anda akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika pernah pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita Covid-19 positif, PDP, dan ODP.

Peduli Lindungi didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). [ikh]

Sumber: https://inilah.com/ototekno/2569002/aplikasi-pedulilindungi-tersedia-di-play-store

Print Friendly, PDF & Email