Satyalancana Wira Karya untuk Startup Unicorn

Pendiri dan sekaligus CEO Bukalapak, Tokopedia, Traveloka dan Gojek menerima piagam tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia. Tanda Kehormatan ini diberikan sebagai penghargaan atas jasa mereka dalam memberikan darmabakti yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 87/TK/TAHUN 2019, masing-masing dari pimpinan perusahan teknologi unicorn tersebut dinilai telah berjasa dalam memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui pembangunan platform ekonomi digital sehingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain.

 

Daftar Unicorn Penerima Satyalancana Wira Karya

  • Gojek

Perusahaan berbasis teknologi ini didirikan pada 2010 oleh Nadiem Makarim sebagai layanan ojek daring di Indonesia. Pada 2015, aplikasi Gojek diluncurkan dan baru memiliki tiga layanan, yaitu GoRide (motor), GoSend (pengiriman barang), dan GoMart (layanan antar belanja). Pada Juli 2019 Gojek meluncurkan logo baru “Solv” yang melambangkan transformasi Gojek dari layanan naik wahana menjadi aplikasi super.

  • Bukalapak

Bukalapak merupakan perusahaan e-commerce atau lokapasar yang memiliki fokus pada pemberdayaan UMKM di Indonesia. Bukalapak didirikan pada 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid. Hingga Oktober 2019, mitra Bukalapak mencapai dua juta mitra warung dan individu.

  • Traveloka

Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Didirikan pada 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert Zhang, Traveloka kemudian mengembangkan layanannya pada pemesanan tiket kereta api, bus, penyewaan mobil, hingga aktivitas wisata.

  • Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi mencapai pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia diluncurkan ke publik pada 17 Agustus 2009 di bawah naungan PT Tokopedia yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Per Agustus 2019 Tokopedia menyatakan memiliki 90 juta pengguna aktif dan menjual lebih dari 200 juta produk.