Indonesia Entrepreneur TIK 2019

Hadir sebelumnya dengan nama Indonesia ICT Awards (INAICTA), Seleksi Nasional Produk TIK atau dikenal dengan nama Indonesia Entrepreneur TIK (idenTIK) adalah ajang kompetisi bidang TIK bagi putra-putri bangsa yang kreatif dan inovatif. Peserta yang terpilih dari kegiatan ini akan mengikuti pelatihan secara intensif untuk berpartisipasi dalam ASEAN ICT Awards (AICTA).

Kegiatan idenTIK terdiri dari Kurasi Peserta, Kompetisi Karya TIK, Coaching idenTIK dan Fasilitasi Kompetisi di tingkat ASEAN. Guna mencapai visi Indonesia sebagai Digital Energy of Asia, idenTIK diharapkan berperan sebagai salah satu pendukung dan pendorong, sekaligus
solusi dalam memasuki era Industri 4.0, dimana industri menggabungkan antara teknologi otomatisasi dan siber, termasuk di antaranya Internet of Things (IoT), cloud computing, dan komputasi kognitif.

  • Wakuliner

Wakuliner adalah platform dan lokapasar kuliner pertama dan terlengkap di Indonesia. Wakuliner menyediakan solusi kuliner melalui all-in-one app atau website, mulai dari katering harian dan event dengan 20 decentralized kitchens, oleholeh dan kudapan, penjualan waralaba, direktori, blog (resep, tips, berita). Situs web: https://www.wakuliner.com/.

 

  • Agritronz

AgriTronz merupakan platform internet of things data precision berbasis Artificial Intelligence dan
Management Data System yang berdampak pada peningkatan hasil panen. Aplikasi ini menyajikan fitur rencana bisnis dan prospek pengembangan untuk petani holtikultura. Situs web: https://agritronz.gaintech.co.id/.

  • Go – Ploong

Go-PLOONG merupakan layanan berbasis web dan aplikasi Android untuk pengelolaan air limbah domestik di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Cara kerjanya menggunakan QR Code yang berisi identitas seperti NIK, letak koordinat pelanggan, dan riwayat pelayanan. Situs web: https://www.goploong.id/.

 

 

  • Tanah Airku

Aplikasi Tanah Airku menggunakan Augmented Reality dan Virtual Reality berbentuk objek 3D dan 2D yang dipadukan dengan buku atau kartu. Aplikasi ini mengajarkan anak-anak tentang budaya Indonesia, seperti musik tradisional, kuiskuis budaya Indonesia, dan mewarnai objek-objek wisata.