ASEAN ICT Awards 2019

ASEAN ICT Award atau disingkat AICTA merupakan proyek bersama kementerian bidang telekomunikasi di negara-negara ASEAN yang bertujuan mempromosikan inovasi dan kolaborasi antara pemerintah, pebisnis, dan institusi lainnya. AICTA merupakan program penghargaan bereputasi di bidang industri teknologi di ASEAN. Gala dinner AICTA akan menjadi acara jejaring utama dalam kalender bisnis teknologi.

Ajang AICTA sebagai ajang kompetisi Karya TIK tertinggi di tingkat ASEAN mempertemukan enam kategori, yaitu Public Sector, Private Sector, Digital Content, Startup, Research and Development dan Corporate Social Responsibility. Acara penjurian dan pemberian penghargaan AICTA 2019 diadakan di Vientiane, Laos pada Oktober 2019. Indonesia mengirimkan 18 finalis yang dijaring melalui kurasi ketat dalam ajang idenTIK.

Indonesia berhasil memperoleh dua medali emas, yang pertama dari kategori Private Sector tim RiTx Bertani, dan kedua dari kategori Research and Development tim ATM Sehat. Medali perunggu didapat dari kategori Corporate Social Responsible oleh tim Darah Kita.

Perolehan ini sekaligus dinobatkan sebagai negara dengan perolehan emas terbanyak dibandingkan negara lainnya, seperti Laos, Singapura, Vietnam dan Thailand yang masing-masing mengumpulkan satu emas. Dengan demikian, tahun ini merupakan pencapaian terbaik Tim AICTA Indonesia selama delapan kali keikutsertaan.