Transformasi Digital Sektor Strategis

Ditjen Aplikasi Informatika Kemkominfo, khususnya Direktorat Ekonomi Digital, menjalin kerja sama dengan berbagai startup dalam melakukan transformasi digital di Indonesia. Ada tujuh sektor strategis yang mendapat prioritas pengerjaan, yaitu pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, pariwisata, transportasi dan perdagangan.

Sektor Pendidikan

Dukungan dilakukan melalui distribusi konten digital dan digitalisasi manajemen sekolah. Penyebaran konten-konten digital berupa gambar, audio, animasi, video hingga buku elektronik sebagai upaya membantu siswa di seluruh pelosok tanah air untuk mendapat akses pembelajaran yang sama. Sedangkan layanan manajemen sekolah untuk mencapai efektivitas administrasi yang transparan bagi orangtua, memberi asistensi bagi tugas administratif guru, dan peningkatan akurasi data siswa.

Sektor Pariwisata

Ditjen Aptika bekerja sama dengan startup Triponyu membuat paket-paket wisata menarik yang terinspirasi cerita sejarah atau rakyat di daerah setempat. Triponyu merupakan peraih juara 1 inovasi wisata versi UNWTO. Kerja sama ini juga mendukung Kementerian Pariwisata dalam pengembangan 10 destinasi pariwisata prioritas, berupa digitalisasi pariwisata di lima lokasi, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Sleman, Kabupaten Humbang Hasundutan-Toba, dan Kabupaten Manggarai Barat-Labuan Bajo.

Sektor Keuangan

Kemkominfo bersama Kementerian

Perdagangan melakukan sosialisasi program pembayaran non tunai (cashless payment), bekerja sama dengan startup LinkAja. Program ini menyasar pasar modern maupun pasar tradisional. Pasar yang telah mendapat sosialisasi mengenai uang digital ini yaitu Pasar Klojen, Oro Oro Dowo, Bunulrejo, dan Gadang Lama di Malang

Sektor Kesehatan

Program digitalisasi fasilitas kesehatan merupakan upaya dalam membantu peningkatan mutu pelayanan fasilitas kesehatan (faskes) di Indonesia melalui pemanfaatan sistem informasi dan pengelolaan data terintegrasi yang disediakan oleh startup teknologi kesehatan.

Sektor Transportasi

Kemkominfo bekerja sama dengan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melakukan pemetaan terhadap kebutuhan serta kondisi aksesibilitas internet di pelabuhan melalui aplikasi berbasis portal Inaportnet. Portal tersebut memfasilitasi pertukaran data dan informasi layanan kepelabuhanan antara instansi pemerintah dan pelaku industri logistik.

Sektor Pertanian

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) menjalin kemitraan bersama Kemkominfo, Kemendesa, BNI, dan PT Asuransi Jasa Indonesia. MSMB memiliki visi menjadi pelopor teknologi di bidang pertanian, peternakan dan budidaya ikan di Indonesia, melalui inovasi di bidang hardware maupun software.

Contoh Startup Bidang Transformasi Digital Sektor Strategis

PT.MitraSejahteraMembangunBangsa (MSMB) yang berdiri pada 15 Februari 2018 memiliki visi menjadi pelopor teknologi di bidang pertanian, peternakan dan budidaya ikan di Indonesia. MSMB telah membuat sejumlah aplikasi pendukung, yaitu RiTx Bertani, Litx (teknologi peternakan), dan FisTx (budidaya perikanan). Alamat situs web: https://msmbindonesia.com.

PT Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) adalah perusahaan teknologi pendidikan dan pencipta aplikasi belajar sains yang berisi ratusan video pembelajaran premium beranimasi, kuis, dan ringkasan, dengan menggabungkan sains belajar, filmmaking, gamifikasi, dan tampilan yang intuitif. Alamat situs web: https://pahamify.com.

Prosehat adalah aplikasi lokapasar kesehatan yang dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan layanan kesehatan terpercaya di rumah dengan mudah, mulai dari vaksinasi sampai fisioterapi, dan dilayani oleh tenaga kesehatan profesional. Alamat situs web: https://prosehat.com.

Triponyu adalah lokapasar peer-to- peer dimana siapa pun bisa mendapatkan dan menawarkan pengalaman unik, budaya, tradisi, kuliner, aktivitas maupun belajar kemampuan baru dari teman-teman setempat (local friends). Startup ini telah menerima penghargaan dari United Nation World Tourist Organization (UNWTO) di tahun 2018.

Print Friendly, PDF & Email