Pelatihan UMKM di Kota Bogor Bersama Marketplace Lokal

Bogor, Ditjen Aptika –Workshop UMKM di Kota Bogor bertujuan memfasilitasi para pelaku UMKM untuk terdaftar di marketplace. Selain itu, memberikan pelatihan teknis terkait strategi berjualan online dan teknik foto produk yang baik.

Menurut Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika, Sadjan, Gerakan UMKM Go Online merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung perekonomian rakyat. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas akses pemasaran baik dalam maupun luar negeri serta dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM.

“Di tahun 2019, Gerakan ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan Grebeg Pasar Rakyat di 20 Kabupaten/Kota, dan 120 pasar rakyat di seluruh Indonesia, salah satunya dilaksanakan di enam lokasi Pasar Rakyat di Kota Bogor. Melalui kegiatan pendampingan yang bersifat door to door ini sudah 2.000 UMKM di Pasar Rakyat di Kota Bogor yang terdaftar di marketplace,” katanya saat memberikan pengarahan pada acara Workshop Peningkatan Kemampuan Pelapak UMKM, di Hotel Santika Bogor, Rabu (11/12/2019).

Melalui kegiatan ini diharapkan pelaku UMKM mendapatkan wawasan dan pengetahuan terkait pemasaran daring, tips dan trik berjualan secara daring, teknik foto produk dan materi teknis lainnya. Kegiatan ini bekerja sama dengan marketplace lokal Kota Bogor yang bernama umkm.kotabogor.co.id.

Para pelaku UMKM dengan antusias mengikuti pelatihan ini dan mereka membawa produk nya masing-masing. Dengan adanya praktek langsung di studio mini, para pelaku UMKM mendapatkan pengajaran foto produk yang baik dan benar.

Acara workshop ini merupakan kegiatan terakhir program UMKM Go Online di tahun 2019. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari Dinas Koperasi dan UMKM dan Tim Fasilitator, serta dihadiri oleh lebih dari 125 pelaku UMKM di Kota Bogor. (pae)

Print Friendly, PDF & Email