Sektor Pemerintahan Harus Bisa Bertransformasi Digital

Dirjen Aptika, Semuel A. Pangerapan (tengah berbaju hitam), berfoto bersama seusai acara.

Denpasar, Ditjen Aptika – Selain masyarakat dan sektor bisnis yang sedang bertransformasi digital, sektor pemerintahan pun harus bisa bertransformasi digital.

“Masyarakat tidak mau lagi dilayani secara konvensional, mereka mengharapkan pelayanan yang cepat dan prima. Untuk itu pemerintahan perlu menyiapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Saat ini mengurus izin di Kominfo tidak boleh memakan waktu lebih dari sehari,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, saat acara Rapat Koordinasi Nasional Bidang Kominfo, di Denpasar, Bali, Kamis (05/09/2019).

Semuel kemudian menjelaskan mengenai sistem pemerintahan berbasis elektroni (SPBE), menurutnya SPBE nanti akan dibagi secara berjenjang. “Kita kumpul di sini untuk membagi tugas, apa tugas pemerintah pusat, apa tugas pemerintah provinsi, dan apa tugas pemerintah kabupaten, harus dibagi habis,” tegasnya.

Semuel mencontohkan, aplikasi layanan umum akan disediakan oleh pemerintah pusat untuk semua jajaran pemerintahan. “Contoh dari sektor keuangan, perencanaan, budgeting, pelaporan, harus sama sehingga memudahkan kita melihat,” jelasnya.

Sedangkan untuk pemerintah daerah, baik itu provinsi maupun kabupaten menyiapkan aplikasi yang khusus fungsinya untuk mempercepat layanan daerah masing-masing.

Semuel pun mengingatkan, bahwa nantinya daerah tidak boleh lagi membangun data center. Sebagai gantinya, pemerintah pusat mendorong pemanfaatan cloud service. Perpres sudah mengatur bahwa semua data pemerintah tidak boleh ada di luar Indonesia.

“Pemerintah pusat bertanggung jawab menyambungkan ke provinsi, provinsi bertanggung jawab menyambungkan ke kabupaten, kabupaten bertanggung jawab menyambungkan ke bawahnya. Jadi anggarannya jelas dan tidak tumpang tindih. Sehingga SPBE ini nantinya akan benar-benar saling terhubung,” papar Semuel.

Lihat Juga: Kominfo Satukan Negeri Bergema di Pulau Dewata Bali

Dengan menghadirkan seluruh Dinas Kominfo dan pihak-pihak terkait lainnya, diharapkan jajaran Kementerian Kominfo dapat menjelaskan kebijakan yang telah dilakukan dan hasil-hasilnya. Serta menjelaskan target-target kinerja ke depan yang membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak. (mfr)