Yosi Mokalu Terpilih Jadi Ketua Umum Siberkreasi

Yosi Mokalu (kiri) dan Dedy Permadi (tengah) dalam Rapat Pleno Siberkreasi, Kamis (29/08/2019).

Jakarta, Ditjen Aptika – Yosi Mokalu terpilih sebagai ketua umum Siberkreasi periode 2019 – 2020. Pekerja kreatif tersebut meraih 36 dari 74 suara warganet.

“Saya merasa terhormat terpilih sebagai ketua. Saya akan meminta masukan dari dewan pengarah dan Dedy sebagai ketua umum sebelumnya. Siberkreasi menjadi kerja bersama semua pihak sebagaimana selama ini berjalan,” ujar Yosi Mokalu saat menandatangani Berita Acara Rapat Pleno Siberkreasi, di Gedung Kemkominfo, Kamis (29/08/2019).

Yosi mengatakan bahwa kedepannya akan membawa Siberkreasi lebih luwes dan santai. Arahan dan masukan dapat dijadikan bahan belajar baginya karena belum pernah masuk dalam susunan organisasi seperti Siberkreasi.

“Ketua umum yang baru, diharapkan dapat meneruskan tujuan adanya gerakan Siberkreasi dalam literasi digital,” ujar Dedy Permadi, Ketua Umum Siberkreasi saat ini.

Yosi memenangi pemilihan dari tiga kandidat lain, yaitu Ahmad Romzi dari AIS Nusantara, Mira Sahid dari KEB, dan Septiaji Eko Nugroho dari Mafindo.

Pelantikan resmi ketua umum baru Siberkreasi akan dilaksanakan pada acara Netizen Fair tanggal 5 Oktober 2019 di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka. Acara tersebut bakal menyajikan berbagai hiburan dan workshop literasi digital.

Baca Juga: GNLD Siber Kreasi

Dirjen Aptika Kemkominfo, Semuel A. Pangerapan memberikan tanggapan bahwa Siberkreasi dapat menjawab kesadaran yang perlu dimiliki masyarakat atau warganet dalam berinternet. “Siberkreasi dapat dijadikan ruang masyarakat dalam literasi digital untuk mengurangi akses negatif di internet,” katanya.

Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan (kedua dari kiri) memberi arahan rapat.

Harapan Semuel, adanya Siber Kreasi membuat masyarakat lebih paham bagaimana berperan sebagai warga negara yang baik. Literasi digital juga dapat mengurangi dampak negatif internet dan meningkatkan kesadaran positif. (pag)