Apresiasi Peran Penting Media, Kominfo Gelar AJK 2019

Sesditjen Aptika, Sadjan, saat membacakan nominasi liputan media online pada acara Anugerah Jurnalistik Kominfo 2019 (29/8).

Jakarta, Ditjen Aptika – Kementerian Kominfo kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalis Kominfo 2019, sebagai bentuk apresiasi terhadap peran penting media menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

“Jurnalistik berkembang mengikuti perkembangan media, dimana media berperan penting dalam menyebarluaskan informasi. Berangkat dari hal tersebut, media pun semakin canggih mengikuti teknologi yang terus berkembang, dan itu merupakan transformasi di bidang media,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Sadjan, saat acara Anugerah Jurnalistik Kominfo 2019, di Kominfo, Jakarta, Kamis (29/08/2019).

“Media online merupakan tipe baru dalam bidang jurnalisme, karena memiliki fitur dan karakteristik yang unik. Media online mengemuka dalam teknologi, menawarkan kemungkinan yang tidak terbatas dalam memproses dan menyebarkan berita. Media online juga mampu menyebarkan berita secara cepat dengan jaringan internet,” lanjut Sadjan.

Sekjen Kominfo, Rosarita Niken W saat acara Anugerah Jurnalistik Kominfo 2019.

Sedangkan Sekretaris Jenderal Kominfo, Rosarita Niken Widyastuti, menjelaskan bahwa salah satu peran makro Kementerian Kominfo ialah sebagai Goverment Public Relations (GPR).

“Sebagai GPR tugas Kominfo menyampaikan program apa yang sedang dan sudah dilakukan pemerintah. Mekanisme kerja PR saat ini harus diubah, cara menyampaikan informasi kepada publik tidak lagi top down tetapi bottom up, karena tugas kementerian bukan hanya sebagai regulator. Namun juga sebagai fasilitator sekaligus akselelator dari pertumbuhan-pertumbuhan sesuai bidang tugasnya,” kata Niken.

“Pemerintah tidak boleh mengklaim sudah melakukan ini dan itu, tetapi justru kami ingin mendapatkan masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang prima,” tutup Niken.

Anugerah Jurnalistik Kominfo 2019 merupakan gelaran kedua, setelah sebelumnya diselenggarakan di tahun 2018. Pada gelaran kali ini terdaftar 346 karya jurnalistik dari berbagai daerah di Indonesia, yang dibagi dalam lima kategori pemenang sebagai berikut:

  1. Kategori Media Cetak: M. Ikhsan Mahar (Kompas)
  2. Kategori Media Online: Sigiranus Marutho Bere (Kompas.com)
  3. Kategori Foto Jurnalistik: Aditya Pradana Putra (Antara Foto)
  4. Kategori Liputan TV: Firman Eko Handy (Antara Tv)
  5. Kategori Liputan Radio: Ardi Razaki (Lembaga Penyiaran Publik LPP RRI Merauke)
Pemberian hadiah dan penghargaan pada pemenang AJK 2019.

Di akhir sambutan, Plt. Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu mengutip kata-kata dari Cokroaminoto, “Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan, dan berbicaralah seperti seorang orator.”

Turut hadir dalam acara ini, Dirjen Aptika Semuel Abrijani Pangerapan, Kepala Biro Keuangan Kominfo Bambang Sigit Nugroho, Kepala Biro Kepegawaian Cecep A Faisal, Direktur Layanan Aplikasi Pemerintahan Aptika Bambang Dwi Anggono, serta Dewan juri Agus Susanto dan Ruly Kusuma dari Kompas. (lry)