Asean ICT Awards (AICTA)

Program penghargaan ini merupakan penghargaan bisnis yang paling dihormati di industri teknologi ASEAN. Gala dinner dalam ASEAN ICT Awards akan menjadi acara jejaring utama dalam kalender bisnis teknologi dimana semua pihak bisa bertemu dan menambah relasi. Penghargaan ini menambah motivasi bagi pelaku industri tersebut dan akan mendapatkan pengakuan dari sesama pelaku industri teknologi.

  • Tujuan AICTA Awards
  1. Memberikan pengakuan yang paling sesuai dalam mengadopsi kemajuan TIK.
  2. Penghargaan ini memberikan tren pertumbuhan dan potensi TIK di ASEAN
  3. Bertujuan untuk lebih mengenali interaksi TIK dalam pertumbuhan ekonomi ASEAN.
  • Kategori Penghargaan

Sektor Publik

  1. Perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, atau kombinasinya yang memungkinkan operasi Pemerintah yang lebih efisien, efektif, transparan, dan murah.
  2. Perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, atau kombinasinya yang telah dilaksanakan oleh lembaga Pemerintah dan layanan publik untuk memberikan layanan terbaik dan berharga bagi publik.
  3. Perangkat lunak aplikasi yang telah dikembangkan untuk memenuhi persyaratan spesifik Pemerintah untuk penggunaan Layanan Publik dan layanannya dikelola oleh Instansi Pemerintah.
  4. Aplikasi dikembangkan oleh lembaga swasta, lembaga pemerintah atau perusahaan milik pemerintah yang didanai oleh Pemerintah atau donor asing, dan dalam tahap implementasi percontohan.
  5. Aplikasi yang telah dikembangkan untuk digunakan oleh Perusahaan Milik Negara atau Perusahaan Milik Pemerintah untuk tujuan komersial tidak termasuk dalam kategori ini.
  6. Bukti penerimaan atau pengakuan pengguna terhadap implementasi aplikasi oleh Pemerintah masing-masing harus ditunjukkan selama nominasi entri.

Sektor Swasta

Setiap perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, atau kombinasinya yang memenuhi kebutuhan sektor swasta seperti Aplikasi Industri, e-Logistik dan Manajemen Rantai Pasokan, Aplikasi Industri Keuangan, Komunikasi, e-Health, dan Pariwisata.

Tanggung Jawab Perusahaan Bidang Sosial 

Perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, atau kombinasinya untuk mendukung komunitas di masyarakat Negara Anggota ASEAN dengan tujuan untuk mempromosikan hak dan kebutuhan kelompok tertentu; atau untuk meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup dan standar hidup masyarakat dengan maksud utama untuk menjembatani kesenjangan digital. Produk harus diprakarsai, dikembangkan dan dimiliki oleh organisasi Non Pemerintah, namun pendanaan untuk inisiatif dan pengembangan dapat disediakan oleh Pemerintah atau Lembaga Swasta atau keduanya.  

Konten Digital

  1. perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, atau kombinasinya untuk menggabungkan teks, suara, gambar, dan video, untuk membuat hiburan, dalam bentuk multimedia, infotainment, perendaman, dan interaksi melalui perangkat seluler.
  2. perangkat lunak aplikasi, perangkat keras, atau kombinasinya yang menyediakan dukungan manajemen dan teknis untuk industri berita dan hiburan seperti siaran televisi, siaran radio, bioskop, hiburan langsung, penerbitan, surat kabar, dan berita internet.

Perusahaan Startup

  1. Perusahaan startup mana pun pada tahap awal berdirinya yang mengembangkan produk TIK yang inovatif.
  2. Perusahaan startup juga harus memenuhi kriteria di bawah ini:
  3. Memenuhi persyaratan perusahaan untuk kompetisi ini,
  4. Terdaftar tidak lebih dari tiga (3) tahun sejak tanggal penyerahan,
  5. Bukan anak perusahaan dari perusahaan mapan,
  6. Pendiri perusahaan dan / atau pengembang produk harus menjadi pemegang saham utama perusahaan.

Research and Development

Setiap proses penelitian dan penciptaan produk dan layanan TIK yang memenuhi tuntutan pasar.

Asalkan produk atau kreasi memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Itu sepenuhnya selesai tetapi belum dipasarkan,
  2. Jika telah dipasarkan, ia tidak memiliki pelanggan dan tidak tersedia di situs pelanggan,
  3. Produk ini masih kurang dari setahun setelah selesai,
  4. Itu dapat menunjukkan fitur dan fungsinya (bahkan jika tidak sepenuhnya selesai),
  5. Didanai sendiri (pendanaan internal) atau didanai oleh pelanggan / pengguna dan tidak didanai oleh perusahaan multinasional yang didirikan,
  6. Hak Kekayaan Intelektual milik pemilik / pencipta (baik diri sendiri atau perusahaan).
  • Hadiah

Pemenang Asean ICT Awards akan menerima hadiah piala dan sertifikat untuk juara satu hingga juara ketiga pada setiap kategori.

  • Jadwal Pelaksanaan AICTA Awards 2019
Deadline of AMS Coordinators Nomination   30 April 2019
Open Online Submission   1 June 2019
Deadline of Judges Nomination  30 July 2019
Closing Online Submission  7 August 2019
Preliminary Judging (Online)  16 August – 8 September 2019
Finalist Announcement  11 September 2019
Deadline of Final Judges nomination  18 October 2019
Final Judging and Awards Ceremony (Vientiane Capital, Lao PDR) 23-24 October 2019