Transformasi Peran Pemerintah di Era Digital

Dirjen Aptika Semuel A Pangerapan saat acara Pembinaan Kepegawaian Ditjen Aptika 2019.

Jakarta, Ditjen Aptika – Memasuki transformasi digital peran pemerintah tidak lagi sama dengan era terdahulu. Pemerintah dalam menjalankan tugasnya bekerja sama dengan banyak pihak dan masyarakat.

“Ditjen Aptika dalam menjalankan program selama tiga tahun ini ada perubahan besar. Program kita mayoritas ialah program kolaborasi. Contoh program UMKM Go-Online dilaksanakan dengan berkolaborasi dan bekerjasama dengan marketplace sehingga cakupannya akan jauh lebih luas,” ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, saat membuka acara Pembinaan Pegawai Ditjen Aptika di Hotel Aston Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/07/2019).

Semuel juga mengatakan bahwa nantinya pemerintah dalam segi struktur organisasi akan berubah menjadi lebih ramping, jabatan struktural hanya sampai eselon 3, selebihnya akan diisi oleh jabatan-jabatan fungsional sesuai keahlian masing-masing.

“Sehingga tidak terlalu banyak mata rantai, struktural semakin ramping, fungsionalnya semakin banyak. Harus ada teamwork, semua harus bekerja sehingga hasil yang didapatkan maksimal. Sehingga kita nanti akan siap untuk transformasi,” ucapnya.

Semuel kemudian menjelaskan, bahwa dahulu pemerintah berperan sebagai administrator (Goverment 1.0) hanya mencatat. Namun permintaan rakyat untuk dilayani sehingga pemerintah kemudian menjadi service provider (Goverment 2.0), dengan rakyat sebagai konsumennya.

Saat ini pemerintah sedang berusaha menjadikan dirinya sebagai fasilitator (Goverment 3.0), dimana rakyat bukan lagi sebagai konsumen tetapi sebagai partisipan. Pemerintah bahkan nantinya akan bertindak sebagai kolaborator (Goverment 4.0), memahami apa yang dibutuhkan masyarakat, dan bersatu untuk berkreasi.

“Kita harus sama-sama melakukan perubahan, semoga Ditjen Aptika bisa membangun teamwork yang lebih baik,” pungkas Semuel.

Turut hadir dalam penutupan acara perwakilan dari Ditjen IKP, Ditjen SDPPI, Ditjen PPI, Setjen, komunitas Siberkreasi, dan startup Bukalapak. Bertindak sebagai mentor dan pendamping tim dari Talkinc.

Acara Pembinaan Pegawai Ditjen Aptika dengan tema Aptika Super Team, Get Digitalization Go Stranger tersebut berlangsung selama dua hari. Berbagai kegiatan diadakan di sana, seperti lomba memasak berkelompok, kelas-kelas interaktif, Aptika Idol, games Kahoot, hingga acara hiburan. (lry)

Galeri Foto Acara Pembinaan Kepegawaian Ditjen Aptika:

Sesi lomba memasak berkelompok pada kegiatan pembinaan kepegawaian.
Sesi lomba memasak berkelompok pada kegiatan pembinaan kepegawaian.
« 1 of 14 »