Integrasi Aplikasi SIAP KERJA dan siCANTIK Cloud

Training of Trainer (ToT) Penerapan e-Monev DPMPTSPdi Puncak Bogor (17/7/2019).

Bogor, Ditjen Aptika – Aplikasi DPMPTSP “SIAP KERJA” dari Kemendagri terintegrasi dengan “siCANTIK Cloud” dari Kominfo akan dilaksanakan di DPMPTSP seluruh Indonesia.

Hal tersebut sebagai salah satu bentuk pembinaan dan katalisator peningkatan kemudahan berusaha (EODB). Kementerian Dalam Negeri sendiri merupakan pembina Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di daerah.

“Sesuai arahan Presiden tanggal 14 Juli 2019 lalu tentang Visi Indonesia, kita tidak lagi berpikir linear dan harus berpikir secara inovatif, khususnya terkait percepatan proses perizinan,” kata Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama, Ditjen Bina Adminitrasi Kewilayahan Kemendagri, Sugiarto, saat acara Training of Trainers (ToT) Penerapan e-Monev DPMPTSP, di Puncak Bogor, Rabu (17/7/2019).

Menurut Sugiarto, segala hambatan dan permasalah dalam perizinan harus mudah dan cepat diketahui dan terinformasikan dari daerah hingga ke pusat, sehingga dapat segera dicarikan jalan keluarnya. Dengan adanya integrasi SIAP KERJA dan siCANTIK Cloud ini, proses monitoring dari penyelenggara perizinan di daerah dapat terpantau secara realtime oleh Kemendagri.

Ditambahkan oleh Sugiarto, sistem tersebut nantinya akan melakukan pengumpulan dan kompilasi data DPMPTSP terkait bentuk kelembagaan, pendelegasian, kewenangan perizinan, standar pelayanan dan penerapan Online Single Submission (OSS) pada DPMPTSP Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Sementara itu Kementerian Kominfo yang diwakili oleh Kasi Data dan Informasi Layanan Aplikasi Informatika Perekonomian, Chairina, memaparkan bentuk dukungan siCANTIK Cloud terhadap e-Monev DPMPTSP (SIAP KERJA). Sedangkan BPPT yang diwakili oleh Kepala Seksi Program dan Penerapan Teknologi, Dani Ramdani, memaparkan terkait teknis penerapan aplikasi e-Monev di DPMPTSP.

Kegiatan ToT tersebut berlangsung tanggal 17 – 19 Juli, diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Turut hadir Direktorat Layanan Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo, dan BPPT sebagai mengembang aplikasi SIAP KERJA. (chr)

Print Friendly, PDF & Email