Pemerintah Siapkan Tol Langit Untuk Ketersediaan Akses Internet

Jakarta, Kominfo – Setelah fokus membangun proyek Palapa Ring, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga tengah menyiapkan infrastruktur telekomunikasi yang akhir-akhir ini ramai disebut sebagai tol langit.

Tol Langit merupakan program Kementerian Kominfo dalam rangka memeratakan akses internet di seluruh Indonesia. Program ini merupakan kelanjutan dari program Palapa Ring yang disebut sebagai jalan tol telekomunikasi oleh Menteri Kominfo, Rudiantara di acara Annual Client Appreciation Event di Four Season Hotel, Kuningan (21/02).

Menurut Rudiantara, setelah pembangunan Palapa Ring selesai, akan dibangun Base Transceiver Station (BTS) oleh operator dan menyewa satelit untuk daerah-daerah 3T.

“Jadi akhir tahun 2022 satelit milik kita sudah ada, namun sebelum itu kita harus cepat juga, jadi kita sewa saja satelit orang lain yang mirip untuk bisa dilakukan percepatan, inilah yang disebut Tol Langit karena satelitnya di langit yang semuanya menghubungkan broadband dan sebagainya, jadi mungkin orang melihatnya itu lah tol langit,” jelas Rudiantara.

Satelit dipilih sebagai salah satu alternative solusi ketersediaan internet di wilayah 3T, adalah karena butuh waktu 10-20 tahun untuk menghubungkan internet di wilayah 3T. Selain itu juga disiapkan fasilitas internet berkecepatan tinggi untuk sektor pendidikan, kesehatan maupun pemerintahan.

“Kita punya 214 ribu jumlah sekolah di seluruh Indonesia, tapi 8 sampai 10 ribu sekolah belum terhubung internet, juga ada madrasah dan pesantren, puskesmas dan fasilitas lainnya juga belum terakses internet, inilah yang akan kita bangun kedepannya,” ucap Menteri Rudiantara.

Sumber: www.kominfo.go.id

Print Friendly, PDF & Email