Hadiri HUT ke-9 Bukalapak, Presiden Berharap 56 Juta UMKM Masuk Pasar Online

Jakarta, Ditjen Aptika – Presiden Joko Widodo mengajak Bukalapak untuk meningkatkan ekosistem UMKM online. Banyak kendala dialami UMKM di Indonesia yang jumlahnya mencapai 56 juta, mulai dari membangun brand hingga mengemas produk yang dapat menarik perhatian pembeli.

“Dari 56 juta UMKM yang ada masih ada 52 juta UMKM offline yang harus dibantu, dengan hadirnya bukalapak diharapkan dapat membuka jalan bagi para UMKM tersebut untuk dapat masuk pasar online,” ucap Presiden saat menghadiri HUT ke-9 Bukalapak di Jakarta Convention Center Senayan Jakarta, Kamis (10/01/2019).

Acara dibuka dengan peluncuran program “Mitra Warung Bukalapak” sebagai ekosistem penjualan online Bukalapak, dimana sejak tahun 2017 telah memberdayakan lebih dari 500.000 warung kelontong dan 700.000 pelaku usaha mandiri di Indonesia. Tahun ini Bukalapak mengalokasikan dana satu triliun rupiah untuk menggandeng lebih banyak lagi warung melalui pemanfaatan teknologi.

Presiden Jokowi sangat mengapresiasi Bukalapak karena telah berhasil membangun ekosistem UMKM secara online, mengingat Indonesia merupakan negara dengan usaha kecil terbanyak di dunia. Presiden berharap masuknya UMKM ke ranah online dapat menyaingi produk-produk yang berasal dari luar negeri.

Zaky pendiri Bukalapak menceritakan perjuangannya membangun Bukalapak. “Saya berasal dari kampung, saya lihat tetangga-tetangga saya usaha begitu-begitu saja, jadi berbekal ilmu yang saya miliki yaitu teknologi/computer science saya ingin membuat software yang dapat membantu usaha jual beli agar bisa naik tingkat untuk berjualan secara online,” kenangnya.

Perjalanan Bukalapak tidak selalu mulus, di tahun pertama berjalan Zaky mengaku hampir putus asa karena mulai menipisnya uang. Namun pada saat itu sudah ada beberapa UMKM yang menggantungkan hidupnya pada Bukalapak, membuat Zaky harus terus berjuang dan bekerja keras hingga Bukalapak bisa sebesar sekarang.

Saat ini Bukalapak telah berhasil merangkul lebih dari empat juta pelapak untuk berjualan melalui platform online, penggunanya pun telah meningkat pesat hingga 50 juta pengguna se-Indonesia. Dalam setahun terakhir, transaksi di Bukalapak berhasil tumbuh lebih dari tiga kali lipat dengan 12 juta kunjungan per harinya.

Selain mengumumkan beragam pencapaian mereka sepanjang tahun 2018 dan inovasi yang akan dikembangkan di tahun ini, Bukalapak juga menggelar berbagai promo penjualan di situs mereka. Dalam acara ini, hadir mendampingi Presiden Jokowi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (lry)