Penguatan Manajemen TIK (PeManTIK) ciptakan kolaborasi antar Dinas Kominfo

Jambi – Penguatan manajemen TIK (PeManTIK) merupakan program yang bukan hanya bertujuan menyiapkan kebutuhan penyelenggaraan TIK pada pemerintah daerah akan tetapi juga menciptakan kolaborasi antar Dinas Kominfo Kabupaten/kota yang difasilitasi oleh Dinas Kominfo Provinsi. Pelaksanaan Assesment PeManTIK yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Jambi bertempat di Ruang Rapat Bappeda Provinsi Jambi (27/11).

Kepala Seksi Pengembangan Layanan Aptika Kemaritiman dan PMK menyampaikan bahwa hasil assessment PeManTIK terhadap Dinas Kominfo Kabupaten/kota yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Provinsi merupakan bentuk dari pembinaan penyelenggaraan Pemerintah Daerah oleh Pemerintah Provinsi sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 1 tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/kota se Provinsi Jambi tersebut dipaparkan hasil penilaian terhadap kondisi TIK yang telah dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Jambi. Hasil penilaian tersebut merupakan potret kondisi masing-masing daerah dari sisi kebijakan, kelembagaan infrastruktur, aplikasi, dan perencanaan.

Hasil dari assessment tersebut selanjutnya akan dijadikan agenda rutin yang secara berkala akan dilakukan pembahasan bersama untuk mendapatkan solusi penyelesaian permasalahan dalam pelaksanaan TIK di Provinsi Jambi. (NVZ)