Rencana Pengembangan Smart Branding Sektor Pariwisata oleh Smart City Palembang

Palembang – Melanjutkan pelaksanaan bimbingan teknis penyusunan masterplan bulan Juli lalu, kota Palembang telah menyusun Buku I yang berisi  profil daerah yang dilengkapi dengan analisa SWOT (Strengthness – Weakness – Opportunity – Thread). Salah satu keunggulan dari kota Palembang adalah image yang sangat kuat dimasyarakat karena identik dengan sungai Musi dan Jembatan Amperanya serta makanan khas pempek.

Pada diskusi pembahasan Buku I yang telah dsusun pada kegiatan Bimtek tahap II penyusunan masterplan smartcity pada tanggal 9-10 Agustus 2018 di ruang rapat Dinas Kominfo Kota Palembang dan penentuan quickwin smartcity, diperoleh beberapa usulan antara lain Pembuatan Mall Pelayanan Publik, restorasi anak sungai skana (target selama 5 tahun), membuat platform aplikasi investasi, pengembangan kawasan pariwisata serta e-puskesmas.

Berdasarkan hasil analisas SWOT yang telah disusun sementara mengerucut pada smart branding yaitu bidang pariwisata, dimana kota Palembang telah memiliki calendar event serta peninggalan sejarah masa lampau. Sehingga dalam pembahasan lebih lanjut perlu disusun rencana program antar perangkat daerah terkait antara lain perlu dikembangkan sistem transportasi yang terintegrasi dengan kawasan pariwisata, media promosi serta infrastruktur dan penataan fisik lainnya yang diperlukan. (NVZ)