Pembekalan Kewirausahaan Bagi PNS Jelang Pensiun

Pengarahan Sosialiasi Layanan Proaktif dan Pembekalan Kewirausahaan bagi PNS.

Jakarta, Ditjen Aptika – Biro Kepegawaian dan Organisasi mengadakan sosialisasi dalam rangka meningkatkan layanan administrasi kesejahteraan pegawai di lingkungan Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika bagi PNS yang akan memasuki batas usia pensiun (BUP) pada bulan Juni 2019 – Mei 2020, melalui pembekalan kewirausahaan (hidroponik, handicraft, dan peternakan lele). Kegiatan diadakan pada hari Rabu tanggal 20 Februari 2019 bertempat di Pusat TIK Nasional (Pustiknas) Ciputat, Tangerang Selatan.

Namun kebanyakan cara memandang kehadiran masa tersebut masih beragam dan lebih banyak yang kurang positif, sehingga terjadi kekurangharmonisan hidup saat mengarungi masa yang seharusnya dinikmati tersebut. Seringkali menghadapi apa yang disebut sebagai post power syndrome, inferior dan dampak psikologis.

Untuk menghadapi pensiun, perlu mengubah cara pandang dengan memberikan persiapan aspek psikologis maupun fisik. Kesiapan memanfaatkan kesempatan merupakan elemen mendasar menjelang masa pensiun yang akan dihadapi nanti. Selain itu perlunya pemahaman tentang “passion” yang ada dalam diri karyawan akan membantu menyiapkan diri lebih positif dalam menghadapi masa pensiun.

Narasumber yang memberikan paparan antara lain Cecep dari Biro Kepegawaian Kementerian Kominfo memberikan materi Pengarahan Sosialiasi Layanan Proaktif dan Pembekalan Kewirausahaan bagi PNS (BUP) Juni 2019 – Mei 2020. Pengarahan tentang Pensiun dan Sosialiasi Perekaman Biometrik dari Taspen oleh Sofyan. Pengarahan tentang Pensiun dan Sosialiasi dari R. Afreza Bank Mantap/Mandiri.

Dengan demikian sasaran dari workshop ini adalah memberikan persiapan dan pembekalan dalam menghadapi pensiun bagi para karyawan yang akan memasuki usia pensiun dalam memahami perubahan dan mencegah syndrome saat pensiun, mengelola emosi dan motivasi berpikir positif, memahami peluang bisnis investasi maupun usaha, serta merencanakan strategi dan kesempatan yang ada. (bia)

Print Friendly, PDF & Email