Target Baru Kemkominfo di 2022

Jubir Kementerian Kominfo Dedy Permadi dalam Konferensi Pers Langkah Kominfo terkait Dugaan Ujaran Kebencian oleh Paul Zhang, di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (20/04/2021). - (Indra)

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai ekonomi digital ramai diberitakan media selama 24 jam terakhir. Kemkominfo berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor ekonomi digital Indonesia dengan berbagai target baru di tahun mendatang.

“Di tahun 2022, Kemkominfo menargetkan 100.000 peserta dapat mengikuti berbagai program pengembangan startup seperti, Sekolah Beta; Gerakan Nasional 1000 Startup Digital; Startup Studio ID; Hub.ID; dan IGDX; serta 100.000 peserta dapat terfasilitasi dalam berbagai program digitalisasi UMKM terutama pada level active selling, yakni level lanjutan setelah digital onboarding,” jelas Dedy Permadi dikutip dari Merdeka.com, Senin (03/01/2021).

Dedy memaparkan beberapa tantangan dalam optimalisasi ekonomi digital di tahun mendatang. Beberapa tantangan itu, yakni jumlah sumber daya manusia (SDM) di bidang digital yang belum memadai, pembukaan akses pasar pendanaan yang masih terbatas, banyaknya UMKM yang belum memiliki akses keuangan, dan infrastruktur logistik yang belum optimal di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, Menkominfo telah mengarahkan agar pengembangan sektor ekonomi digital dilakukan secara komprehensif, di antaranya melalui program startup digital dan digitalisasi UMKM.

Awali Tahun 2022, Kominfo Ajak Masyarakat Tangkis Hoaks Bersama

Isu mengenai hoaks juga ramai diberitakan media selama 24 jam terakhir. Kemkominfo akan terus menggalakkan program melawan hoaks dan terus mengorkestrasi komunikasi publik lintas kementerian atau lembaga baik terkait isu Covid-19 program prioritas pemerintah, maupun penyelenggaraan kegiatan nasional dan internasional.

Juru Bicara Kemkominfo, Dedy Permadi menyampaikan hal ini sesuai dengan arahan Menkominfo, pada tahun 2021. Yaitu, Kemkominfo telah mengaktivasi multikanal komunikasi publik untuk mendiseminasikan berbagai kebijakan dan program pemerintah.

“Kemkominfo telah mendiseminasikan kebijakan dan program pemerintah, serta event internasional dan nasional, seperti komunikasi publik Program KPCPEN (Komite Penangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional); diseminasi informasi program-program prioritas pemerintah di bidang Polhukam, bidang Perekonomian dan Maritim, serta bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK); dan diseminasi informasi kegiatan nasional seperti PON XX Papua 2021,” papar Dedy Permadi dikutip dari Jawapos.com, Senin (03/01/2021).

Selain itu, menyambut tahun 2022, Kemkominfo juga akan melanjutkan kerja-kerja komunikasi publik baik untuk penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, maupun kegiatan-kegiatan nasional dan internasional yang akan diselenggarakan sepanjang tahun 2022. (pag)

Print Friendly, PDF & Email