Rekam Medis Elektronik (RME) Berbasis Artificial Intelligence Terintegrasi SATUSEHAT

Seminar “Adopsi Teknologi Digital Kesehatan: Rekam Medis Elektronik (RME) berbasis Artificial Intelligence yang terintegrasi SATUSEHAT” di Payakumbuh (13/06/2024).

Payakumbuh, Ditjen Aptika – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Ekonomi Digital menggelar seminar bertajuk “Adopsi Teknologi Digital Kesehatan: Rekam Medis Elektronik (RME) berbasis Artificial Intelligence yang terintegrasi SATUSEHAT” di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat. Seminar tersebut diselenggarakan guna meningkatkan pemahaman peserta terkait Rekam Medis Elektronik dan pemanfaatan kecerdasan artifisial (artificial intelligence).

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Adopsi Teknologi Digital di Sektor Strategis Kesehatan yang diusung oleh Direktorat Ekonomi Digital, dalam membantu percepatan transformasi digital khususnya di sektor kesehatan. “Ini upaya kami dalam rangka membantu percepatan transformasi digital dan penggunaan Rekam Medis Elektronik (RME) pada fasilitas pelayanan kesehatan di kawasan prioritas, khususnya di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat,” ujar Hari Purwadi, Ketua Tim Transformasi Digital Sektor Pendidikan, Kesehatan, dan Pariwisata dalam sambutannya.

Hari Purwadi berharap, para peserta dari FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) mampu memanfaatkan layanan RME berbasis teknologi Kecerdasan Artifisial yang akan disediakan oleh Nexmedis selaku startup digital yang menjadi mitra kominfo dalam program adopsi teknologi digital di sektor kesehatan, sebagai tools analisis yang dapat membantu tingkat akurasi pemilihan kode ICD 10 dalam pencatatan RME atas indikasi gejala atau diagnosis dari sebuah penyakit. Dinas Kesehatan setempat dengan dashboard monitoring juga dapat memanfaatkan solusi layanan Nexmedis ini untuk membuat kebijakan berdasarkan data yang ada secara real-time.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Technical Working Group SATUSEHAT, dr Ahmad Hidayat menjelaskan sejumlah peluang pemanfaatan kecerdasan buatan dalam implementasi RME. “Kecerdasan buatan (Artificial intelligence) dapat meningkatkan akurasi entry data rekam medis melalui teknologi NLP dan machine learning, membantu menganalisis data RME untuk identifikasi tren penyakit dan faktor risiko dan mendukung keputusan klinis untuk diagnosis dan terapi,” paparnya.

Simbolisasi penyerahan plakat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota.

Adapun peserta yang hadir dalam seminar tersebut adalah Kepala Puskesmas, Dokter pemilik Klinik/Tempat Praktik Dokter Mandiri, manajemen Klinik dan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Peserta mendapatkan kesempatan sesi bimbingan teknis dan praktek RME, peserta praktek melalui sistem penyedia RME yang terintegrasi dengan Kecerdasan buatan (Artificial intelligence).

Seminar ini turut mengundang Fena Amalia Untari selaku Regional Onboarding Coordinator Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes RI, dr. Ahmad Hidayat selaku Ketua Technical Working Group Satu Sehat, Yehuda Dani Utomo selaku perwakilan Asosiasi Healthtech Indonesia.

Print Friendly, PDF & Email