Kemkominfo dan Kemendikbudristek Ciptakan Pembelajaran Menyenangkan di Pelosok RI

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai transformasi digital ramai diberitakan media setelan Kemkominfo bekerja sama dengan Kemendikbudristek melakukan kegiatan adopsi teknologi digital di sektor pendidikan.

Media mengangkat pernyataan Direktur Ekonomi Digital Kemkominfo, I Nyoman Adhiarna bahwa Kemenkominfo telah melakukan adopsi teknologi digital untuk 6 sektor strategis termasuk sektor pendidikan.

“Kami telah melaksanakan adopsi teknologi digital sektor pendidikan di 10 kawasan dari jenjang SD, SMP, SMA dan jumlah ini akan terus kami tingkatkan tentunya. Kami berharap teknologi yang diadopsi dapat berimbas dan diadopsi dengan cepat kepada sekolah-sekolah di sekitar kawasan tersebut,” ujarnya dikutip dari Merdeka.com, Senin (20/12/2021).

Sementara Direktur GTK Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Kemendikbudristek, Dr. Yaswardi mengatakan bahwa pandemi Covid-19 memang telah memaksa dunia pendidikan untuk bisa sesegera mungkin melakukan transformasi digital. Begitu pun dengan guru dan murid dituntut untuk bisa cepat beradaptasi dengan sistem belajar dan mengajar yang baru.

Dukung Akselerasi Generasi Digital, BRI Tekankan Pentingnya Transformasi Berbasis Teknologi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, saat membuka secara resmi Rumah Digital Indonesia secara virtual, Minggu (01/08/2021).

Isu mengenai ekonomi digital juga sedang diberitakan media selama 24 jam terakhir. Media mengangkat kehadiran Presiden Joko Widodo dalam acara Indonesia Digital Tribe 2021 yang didukung oleh BRI.

Presiden mengatakan pentingnya menyiapkan strategi untuk mengambil kesempatan di tengah kemajuan teknologi melalui ekosistem digital. Digitalisasi itu perlu ditopang dengan meningkatkan kemampuan atau skills digital talenta-talenta muda tanah air.

“Potensi pasarnya ini besar, jangan yang mengambil nanti orang lain. Kita sekarang ini memiliki 2.319 start-up, makin hari makin tambah, tambah, tambah. Saya meminta semua perusahaan teknologi, semua perusahaan besar agar mau ditempati untuk magang mahasiswa-mahasiswa kita, anak-anak kita agar secepatnya semuanya berubah, mindset digital ada, skill digital ada, sehingga terbentuk sebuah kultur digital di negara kita,” ucap presiden dikutip dari Bisnis.com (15/12/2021).

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara, Menteri BUMN, Mendikbudristek, dan Menkominfo. (pag)

Print Friendly, PDF & Email