20 Tahun Berdiri, Kemkominfo Kawal Transformasi Digital Secara Progresif dan Visioner

Menkominfo Johnny G. Plate, dalam acara Syukur dan Refleksi 20 Tahun Kementerian Komunikasi dan Informatika yang dilaksanakan secara hibrida dari Jakarta, Selasa (28/09/2021).

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu mengenai 20 tahun Kemkominfo diberitakan oleh media. Media mengangkat pernyataan Menkominfo, Johnny G. Plate bahwa selama ini Kemkominfo telah menunjukkan transformasi yang progresif dan visioner.

Hal itu ia sampaikan dalam acara Syukur dan Refleksi 20 Tahun Kemenkominfo, Selasa (28/9/2021). Ia mengatakan, capaian tersebut tidak lepas dari peran para menteri yang pernah menjabat selama 20 tahun terakhir.

“Hari ini Kemenkominfo dapat melanjutkan pekerjaan-pekerjaan besar untuk mengantar Indonesia menjadi bangsa digital, Indonesia as a digital nation,” ujarnya dikutip dari Kompas.com, Kamis (04/11/2021).

Sebagai informasi, Indonesia telah memiliki lima Menkominfo, yaitu almarhum Syamsul Muarif, Sofyan Djalil, Muhammad Nuh, Tifatul Sembiring, dan Rudiantara.

Johnny juga mengatakan bahwa Kemenkominfo mengubah moto institusi seiring perkembangan zaman dan teknologi. Pada awal perjalanan, lanjutnya, Kemenkominfo memiliki moto “Menuju Masyarakat Informasi”.

Kominfo, Siberkreasi, dan Facebook Gelar Diskusi Metaverse Era Baru Digital

Isu mengenai literasi digital juga ramai diberitakan media. Salah satunya mengenai Kemkominfo bersama Siberkreasi, Facebook, WIR Group, dan Shinta VR mengadakan diskusi daring yang disiarkan melalui live streaming di Channel YouTube, LiveNex dan Facebook Siberkreasi dengan topik Metaverse Era Baru Dunia Digital.

Webinar dibuka dengan pembahasan tentang pengumuman Facebook yang melakukan rebranding dengan merangkul ide futuristik melalui Metaverse. Metaverse dapat didefinisikan menjadi dunia nyata pada tingkat sepenuhnya yang baru, yang dibangun dari konvergensi virtual dan dunia nyata.

Dikutip dari Idntimes.com, Senin (08/11/2021), Metaverse merupakan langkah revolusioner setelah teknologi internet dan media sosial hadir dalam kehidupan masyarakat, yang dapat mengubah cara pengguna terhubung ke internet, serta apa yang pengguna sambungkan ke internet.

Narasumber pada webinar tersebut setuju Metaverse menjadi langkah awal yang penuh kesempatan untuk mewujudkan dunia digital yang lebih komprehensif dan inklusif. (pag)

Print Friendly, PDF & Email