Roadshow IdenTIK Lampung, Kominfo Terus Cari Karya Terbaik Anak Bangsa

Koordinator Pemberdayaan Kapasitas Teknologi Digital, Aris Kurniawan saat memberikan penjelasan mengenai IdenTIK di Bandar Lampung, Sabtu (29/05/2021).

Bandar Lampung, Ditjen Aptika – Kementerian Kominfo terus melakukan roadshow Seleksi Nasional Karya TIK dalam rangka mencari karya terbaik untuk mewakili Indonesia untuk ajang ASEAN ICT Award. Setelah hadir di Kota Surakarta dan Yogyakarta, kali ini Kominfo hadir di Kota Bandar Lampung.

“Tujuan utama roadshow ini lebih kepada memberi kesempatan terhadap teman-teman creators, makers, dan juga startup yang memiliki karya untuk bisa berkompetisi, berkolaborasi, dan berkembang menjadi sebuah karya yang lebih bermanfaat,” kata Koordinator Pemberdayaan Kapasitas Teknologi Digital, Aris Kurniawan di Lampung, Sabtu (29/05/2021).

Karya-karya tersebut, lanjut Aris, nantinya akan dibawa ke ajang yang lebih tinggi di level regional, yakni ASEAN ICT Award. Tidak sampai di situ, karya-karya itu juga dapat berlanjut ke ajang internasional lainnya.

Roadshow IdenTIK itu prinsipnya seperti talent scouting, kita mencari karya terbaik dari enam kategori IdenTIK yang nantinya akan mewakili Indonesia di ajang AICTA. Bisa disebut hasil akhirnya adalah timnas Indonesia,” tandas Koordinator Aris.

Pada lawatannya ke Bandar Lampung, Kominfo memiliki harapannya yang sama seperti kota-kota lainnya seperti dijelaskan. “Kami yakin Lampung punya potensi yang bagus sehingga bisa menghasilkan suatu karya yang bisa mewakili Indonesia,” tutup Aris.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik, Ganjar Jationo menyampaikan roadshow dari Ditjen Aptika membuka peluang dan akses kepada segenap pegiat TIK di desa, baik di sektor publik maupun privat.

Ajang ini menurutnya merupakan pengembangan yang dilakukan Kominfo dalam pemberdayaan TIK, khususnya yang terkait dengan ekosistem digital di Indonesia.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik, Ganjar Jationo (29/5).

“Peluang ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik agar para pegiat TIK di Provinsi Lampung. Jika kalian memiliki suatu inovasi pengembangan-pengembangan aplikasi, segera daftarkan di IdenTIK agar nantinya bisa menjadi wakil Indonesia dalam ajang regional AICTA,” ucap Ganjar.

Lihat juga: Sambut IdenTIK 2021, Juri: Public Sector Harus Bisa Berbuat Lebih

Dirinya juga berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan gairah para pegiat TIK di Provinsi Lampung untuk dapat bersama-sama membangun ekosistem. Mulai dari literasi digital sampai pemanfaatan TIK untuk kepentingan masyarakat luas.

“Terima kasih Kementerian Kominfo, selamat mengikuti dan memanfaatkan kegiatan roadshow IdenTIK ini,” pungkasnya.

Pelayanan Melalui Online Masyarakat Duduk Manis (Permen Manis)

Pada roadshow kali ini salah satu inisiatif layanan publik yang layak diapresiasi adalah aplikasi Permen Manis dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandar Lampung.

Permen Manis sendiri merupakan sebuah pelayanan penerbitan dokumen Dukcapil melalui daring dengan menggunakan aplikasi.

“Permen Manis diciptakan sebagai upaya memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh masyarakat Kota Bandar Lampung,” ungkap Kepala Dinas Dukcapil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainuddin.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bandar Lampung, Ahmad Zainuddin (29/5).

Menurut Ahmad, melalui aplikasi pengurusan, pengajuan, pembuatan, dan penerbitan dokumen administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dapat berjalan lebih mudah, cepat, efektif dan efisien.

Masyarakat Kota Bandar Lampung bisa menggunakan layanan tersebut dengan mengunduh aplikasi Permen Manis melalui smartphone/perangkat komputer ke laman https://disdukcapil.bandarlampungkota.go.id/ atau langsung melalui Play Store.

Tampilan beranda dalam aplikasi Permen Manis (29/5).

Dalam aplikasi tersebut setidaknya ada layanan untuk pengurusan:

  1. Kartu Keluarga,
  2. Akta Kelahiran,
  3. Kartu Identitas Anak,
  4. Akta Perkawinan,
  5. Akta Perceraian,
  6. Akta Kematian,
  7. Kartu Tanda Penduduk,
  8. Konsolidasi NIK, dan
  9. Surat Keterangan Pindah Datang WNI.

Selain menjelaskan mengenai aplikasi Permen Manis, Zainuddin juga menyampaikan bahwa Dinas Dukcapil Kota Bandar Lampung juga memiliki beberapa inovasi yang bisa diajukan ke ajang IdenTIK dalam sektor publik.

Tentang Roadshow IdenTIK 2021

Sepanjang tahun  2021 ini Kementerian Kominfo telah melakukan roadshow IdenTIK pada tujuh lokasi,  yakni Kota Denpasar, Kota Cimahi, Kabupaten Majalengka, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, Kota Bandar Lampung, dan Kota Mataram. Masih ada beberapa kota lainnya yang akan menyusul untuk didatangi, hingga penutupan pendaftaran di tanggal 31 Juli 2021.

Roadshow di Kota Bandar Lampung dilaksanakan selama dua hari, dimana hari pertama para peserta mendapatkan penjelasan mengenai program IdenTIK dan sharing session dari kisah sukses pemenang IdenTIK sebelumnya. Pada hari kedua peserta akan mengikuti workshop bagaimana membangun aplikasi menggunakan Python.

Lihat juga: Program Digitalisasi Nasional Bantu Peserta IdenTIK dalam Berkarya

Kategori dalam IdenTIK 2021 masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu Startup Company, Digital Content, Corporate Social Responsibility, Private Sector, Public Sector, dan Research and Development. Perbedaannya, pada 2021 ini para pemenang akan mendapatkan hadiah dengan total senilai 120 juta rupiah.

Rencananya pendaftaran akan ditutup pada 1 Agustus 2021 dan pengumuman pemenang pada 7 Oktober 2021. AICTA pada 2021 sendiri akan berlangsung di Myanmar dan tahun 2022 di Philipina. (ark)

Print Friendly, PDF & Email