Lebaran Digital, Silaturahmi Jarak Jauh Lewat Ruang Digital

Menkominfo Johnny G. Plate ketika memberikan sambutan saat menerima kedatangan tahap ke-10 vaksin Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (30/04/2021). (Foto: AYH).

Jakarta, Ditjen Aptika – Isu terkait lebaran digital mendominasi pemberitaan 24 jam terakhir. Topik yang menjadi sorotan media adalah pernyataan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate tentang menyarankan masyarakat untuk bersilaturahmi jarak jauh dengan memanfaatkan ruang digital selama Lebaran 2021.

Media menyorot pernyataan Menteri yang berjanji akan menyiapkan infrastruktur TIK dan bandwidth yang cukup untuk menunjang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah/2021 Masehi secara virtual.

Perwujudan lebaran digital dilakukan melalui kerjasama dengan sejumlah operator layanan telekomunikasi seluler yang akan menyediakan trafik sangat besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang melakukan Lebaran digital.

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk menggunakan ruang digital semaksimal mungkin selama mudik lebaran bagi masyarakat di berbagai wilayah.

“Hal ini penting, demi kelancaran proses lebaran digital yang menjadi pilihan perayaan hari raya tahun ini,” tuturnya saat Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 yang dikutip oleh Liputan6.com, Rabu (05/05/2021).

Ia turut menjelaskan alasan pemerintah melarang mudik lebaran 2021. Menurutnya, pemerintah punya harapan di momen Ramadan dan Lebaran kali ini, Indonesia tetap bisa mengatasi pandemi. Salah satu caranya, tetap menerapkan protokol kesehatan dengan kekat, sehingga tidak terjadi kembali lonjakan kasus.

E-Commerce Dukung Hari Bangga Buatan Indonesia

Menkominfo Johnny G Plate, saat Webinar #KitaBelaKitaBeli Pemerintah Hadir untuk UMKM (21/07/2020).

Isu mengenai hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) juga masih jadi perbincangan di media. Topik yang ramai disorot adalah adanya hari BBI yang disambut baik oleh pelaku UMKM dan E-Commerce.

Pelaku e-commerce yang tergabung dalam Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) melalui sinergi dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi dan Informatika mendukung program Hari BBI pada 5-13 Mei 2021.

“Kami optimistis Hari BBI bisa menjadi pendorong kesuksesan majunya ekonomi masyarakat dan pelaku usaha produk lokal untuk kembali membawa dampak positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depannya,” kata Ketua idEA, Bima Laga yang dimuat oleh Antaranews.com, Rabu (05/05/2021).

Gernas BBI sudah berjalan baik dan terbukti mampu mendorong UMKM dan pelaku usaha produk lokal untuk mau bergabung di platform e-commerce yang saat ini menjadi salah satu industri yang cukup berhasil membuat perekonomian Indonesia masih bertahan selama pandemi. (pag)

Print Friendly, PDF & Email