154 Hoaks Vaksinasi Covid-19 Tersebar Minggu Ini

Jakarta, Ditjen Aptika – Penyebaran berita hoaks terkait vaksinasi Covid-19 hingga minggu ini, Selasa (6/4). Tercatat ada 154 hoaks yang beredar dengan isu mengenai penularan Covid-19, obat Covid-19, serta chip pada vaksin Covid-19.

“Isu-isu ini merupakan isu spesifik. Isu tersebut membutuhkan keahlian khusus untuk mengidentifikasi informasi yang beredar nyata atau hoaks,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Widyawati dalam Dialog Produktif: Melawan Hoaks dan Misinformasi Vaksinasi Covid-19, Rabu (07/04/2021).

Menurutnya, hoaks terkait isu kesehatan juga perlu diklarifikasi. Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya meluruskan hoaks yang beredar melalui situs resmi Kemenkes.

Ia mengungkapkan nantinya akan menelusuri dan olah bersama isu hoaks kesehatan karena perlu ahli untuk klarifikasi. Apabila informasi tersebut salah, maka akan diluruskan dengan mengadakan konferensi pers dan menyebarkannya di kanal-kanal Kemenkes.

Informasi valid dan terbaru terkait Covid-19 dan program vaksinasi nasional dapat dilihat di kanal resmi Kemenkes, sehatnegeriku.kemkes.go.id dan sosial media Kemenkes. Seputar hoaks Covid-19 dan vaksinasi dapat mengunjungi covid19.go.id.

533 Juta Data Pengguna Facebook Bocor, Ini Saran Kaspersky

Isu mengenai insiden kebocoran data pribadi pengguna kembali terjadi. Sebuah laporan mengungkap ada 553 juta data pribadi pengguna Facebook berupa nomor telepon,ID Facebook, nama lengkap, lokasi, tanggal lahir, dan dalam beberapa kasus ada alamat email bocor secara daring.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky menanggapi kabar kebocoran data pribadi tersebut. General Manager untuk Asia Tenggara di Kaspersky, Yeo Siang Tiong menjelaskan dari segi bisnis, komunikasi menjadi kunci penting.

“Membantu organisasi mendapat kepercayaan kembali mereka kepada publik secepat mungkin,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dimuat Tempo.co, Selasa (06/04/2021).

Ia mengatakan hal itu bisa memandu para pelanggan memperoleh informasi yang cepat dan akurat serta penting untuk mempertahankan keberlangsungan rencana bisnis dengan memastikan setiap kerentanan telah ditambal dan melakukan pembaruan perangkat lunak untuk mencegah pelanggaran data lebih lanjut. (pag)

Print Friendly, PDF & Email