Kerja Sama Multilateral

Kerja sama multilateral Kemkominfo dilakukan di tingkat internasional dengan berbagai negara dari berbagai kawasan di antaranya dalam forum dunia melalui Lembaga PBB.

  • UNCITRAL Working Group IV Electronic Commerce
Pertemuan Sesi ke-58 UNCITRAL Working Group IV Electronic Commerce

UNCITRAL merupakan salah satu organisasi internasional yang membahas perkembangan teknologi informasi dan dampaknya terhadap perniagaan elektronik dalam lingkup hukum perdagangan internasional. Hasil dari UNCITRAL berupa model law yang sifatnya tidak mengikat, tapi menjadi acuan atau model bagi negara-negara untuk mengadopsi atau memberlakukannya dalam hukum nasional.

Pertemuan Sesi ke-58 WG IV (E-Commerce) UNCITRAL diselenggarakan tanggal 8-12 April 2019 di New York, Amerika Serikat. Pertemuan ini fokus membahas proposal terkait Cross-Border Recognition Identity Management dan Trust Services. Merujuk ke target pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sebesar 130 juta USD pada tahun 2020, membutuhkan Identity Management (Identitas Digital Terpercaya) dan Trust Services (Layanan Terpercaya) sebagai akselerator.

  • ITU Telecom World

ITU Telecom World adalah wahana berkumpulnya para pemangku kepentingan teknologi global dari pemerintah, korporasi dan UKM. ITU Telecom World dihadiri para menteri TIK, regulator, perusahaan TIK besar dan organisasi industri dengan solusi teknologi inovatif, serta UKM dan inovator teknologi, CEO dan investor industri, organisasi non-pemerintah, akademisi, konsultan, media dan visioner digital.

ITU Telecom World 2019 diselenggarakan di Budapest, Hungaria pada 9-12 September 2019. Indonesia mendirikan Indonesia Pavillion yang merupakan booth pameran Indonesia dan mengangkat tema “Driving the World
Digitization Initiative Toward Universal Prosperity”. Dua startup lulusan AICTA dan APICTA, yaitu Cubeacon dan Aruna, ikut hadir untuk membuka jaringan dan pasar baru.