Palapa Ring

Palapa Ring adalah proyek pembangunan jaringan kabel serat optik nasional yang menghubungkan 90 kabupaten/kota di seluruh Indonesia,
dengan 57 kabupaten/kota layanan dan 33 kabupaten/kota interkoneksi. Jaringan ini berupa kabel serat optik sepanjang 12.148 kilometer yang terdiri dari kabel optik darat dan bawah laut, serta segmen jaringan radio microwave sebanyak 55 hop.

Proyek Palapa Ring yang dibangun oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemkominfo ini akan mengintegrasikan jaringan yang sudah ada dengan jaringan baru. Hadirnya Palapa Ring membuat daerah-daerah kawasan 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) yang sebelumnya tidak terkoneksi internet menjadi terhubung. Nantinya, Palapa Ring akan terintegrasi dengan jaringan milik para penyelenggara telekomunikasi.

Palapa Ring diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Oktober 2019, setelah Palapa Ring Timur berhasil menghubungkan Papua, Maluku, NTT sampai Pulau Rote. Sementara Palapa Ring Tengah telah selesai awal tahun 2019, dan Palapa Ring Barat telah selesai tahun 2018 lalu.