Internet Punya Siapa? Cari Tahu di ID-IGF 2019

Poster ID-IGF 2019.

Jakarta, Ditjen Aptika – Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF) atau Forum Tata Kelola Internet Indonesia kembali mengadakan Dialog Nasional ID-IGF 2019. Acara kali ini dengan tema Internet Punya Siapa?

“Siapakah sebenarnya yang memiliki internet? Semua akan dikupas dalam Dialog Nasional ID-IGF tahun 2019 yang bertema ‘Internet Punya Siapa?’ Diskusi akan sangat menarik karena banyak hal ditinjau dari berbagai aspek, seperti sosial budaya, ekonomi digital, hukum dan infrastruktur,” ujar Direktur Tata Kelola Aplikasi Informatika, Mariam Fatimah Barata, ketika dihubungi melalui pesan singkat, Minggu (06/10/2019).

Mariam kemudian melanjutkan, “Dari aspek sosial budaya, akan dibahas mengenai Indonesia Society 5.0 dan bagaimana  meningkatkan SDM teknologi digital. Sedangkan dari aspek ekonomi, tema yang akan dibahas ialah bagaimana Indonesia bersaing di era ekonomi digital dan mengenal lebih jauh tentang inklusi digital.”

Mariam juga mengatakan bahwa sesuai dengan permasalahan yang sedang banyak dibicarakan saat ini, terkait dengan aspek hukum akan ada diskusi menarik tentang data pribadi dan kebijakan keamanan siber. Sedangkan dari aspek infrastruktur, persoalan infrastruktur di kota besar juga akan dibahas.

Para peserta ID-IGF 2019 juga akan diajak lebih jauh mengenal Nasional Research and Education Network, yang menghubungkan institusi dan komunitas pendidikan dan riset di Indonesia. “Tak kalah menariknya ada pula diskusi dengan kaum milenial yang akan membahas internet itu apa dan apa yang akan dilakukan kaum milenial untuk memanfaatkan internet,” pungkas Mariam.

Diharapkan melalui Dialog Nasional ID-IGF 2019 nanti akan dihasilkan berbagai ide baru untuk membangun internet Indonesia yang lebih baik. Seperti edisi tahun sebelumnya, maka hasil Dialog Nasional tahun 2019 berbagai masukan dari multistakeholder ini akan menjadi rekomendasi bagi pemerintah dalam mengatur tata kelola internet di Indonesia.

Buat kalian para pegiat tata kelola internet, mari ramaikan ID-IGF 2019 dengan hadir dan terlibat aktif dalam diskusi. Sehingga menghasilkan suatu dialog yang transparan serta akuntabel dengan keterlibatan multitstakeholder secara kolaboratif, egaliter dan juga inklusif.

Mari dicatat waktu dan tanggalnya:

  • Rabu, 9 Oktober 2019
  • 08.00 – 17.00 WIB
  • Gedung BPPT, Jl. MH. Thamrin Nomor 8, Jakarta Pusat.

Kegiatan ini tidak dipungut biaya dan di akhir acara akan diberikan sertifikat. Jangan lupa juga untuk registrasi via online melalui: https://s.id/idigf2019. (lry)

Detail line up Narasumber dan Moderator pada forum-forum yang ada di ID-IGF 2019:

Detail Forum yang ada di ID-IGF 2019