Startup Unicorn Terima Piagam Satyalancana Wira Karya

Co Founder Bukalapak, Fajrin Rasyid, saat disematkan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya oleh Sekjen Kemkominfo (27/9/2019).

Bandung, Ditjen Aptika – Pendiri dan sekaligus CEO Bukalapak, Tokopedia, Traveloka dan Gojek menerima piagam tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia. Tanda kehormatan diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Niken Widiastuti dalam serangkaian kegiatan upacara peringatan Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi ke 74 di Kantor Pusat PT. Pos, Bandung, Jumat (27/9).

Tanda Kehormatan ini diberikan sebagai penghargaan atas jasa mereka dalam memberikan darmabakti yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 87/TK/TAHUN 2019, masing-masing dari pimpinan perusahan teknologi unicorn tersebut dinilai telah berjasa dalam memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui pembagunan platform ekonomi digital sehingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain.

Lihat Juga: Aptika Usulkan Tanda Kehormatan bagi Startup Unicorn

Hadir menerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya yaitu Fajrin Rasyid, Co Founder dan President Bukalapak yang dinilai berjasa dalam menciptakan lapangan kerja melalui pasar daring Bukalapak hingga mencapai tingkat unicorn. Bukalapak secara konsisten berupaya bekerjasama dengan Pemda untuk memperluas literasi digital dan membangun usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia sampai ke mancanegara melalui Bukaglobal demi meningkatkan pendapatan masyarakat.

Penghargaan serupa pernah diberikan kepada CEO Bukalapak Ahmad Zacky  di tahun 2016, sehingga Bukalapak menjadi satu-satunya perusahan teknologi unicorn dimana kedua pendirinya mendapat penghargaan kehormatan yang sama.

Co Founder Bukalapak, Fajrin Rasyid. saat menerima tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Sekjen Kemkominfo (27/9/2019).

VP Public Policy and Government Relations Tokopedia, Astri Wahyuni mewakili Wiliam Tanuwijaya menerima Satyalancana Wira Karya.

Selain itu pimpinan unicorn lainnya yaitu CEO Tokopedia Wiliam Tanuwijaya yang dinilai telah berjasa menciptakan marketplace terdepan di Indonesia. Melalui Tokopedia setiap individu, toko kecil, dan brand mampu membuka dan mengelola toko daring, sehingga memberdayakan jutaan pedagang dan konsumen untuk berpartisipasi dalam masa depan perekonomian.

Tokopedia juga secara konsisten mendukung para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan produk secara daring sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat. Hadir mewakili Wiliam Tanuwijaya, Vice President Public Policy and Government Relations Tokopedia Astri Wahyuni.

Kemudian ada CEO Traveloka Ferry Unardi, yang dinilai telah berjasa berhasil membuat aplikasi penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring. Fokus Traveloka adalah perjalanan domestik dan menjadi perusahaan unicorn di Indonesia, sehingga memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan baik domestik dan luar negeri sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi sektor industri pariwisata. Mewakili Ferry Unardi di acara ini adalah CO Founder Traveloka, Albert.

Co Founder Traveloka, Albert mewakili Ferry Unardi di acara penyerahan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya (27/9/2019).

Vice President Public Policy and Government Relations Gojek, Tricia Iskandar, mewakili Nadim Makarim menerima Satyalancana Wira Karya.

Terakhir ada juga CEO Gojek, Nadiem Anwar Makarim, yang dinilai telah berjasa berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru melalui. Gojek menggunakan metode pembayaran lesscash dan menjadi perusahaan unicorn di Indonesia, sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi digital nasional. Mewakili Nadim Makarim pada penerimaan tanda kehormatan ini Vice President Public Policy and Government Relations Gojek, Tricia Iskandar. (hmdg)