Startup Unicorn

Indonesia merupakan salah satu negara yang perkembangan startupnya begitu cepat meningkat. Perkembangan startup itu membantu peningkatan perekonomian di Indonesia. Status startup sebagai ‘unicorn’ sudah diraih oleh keempat startup Indonesia yang tentunya sudah tidak asing lagi Anda dengar, yakni Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Meskipun sudah menyandang status sebagai unicorn, keempatnya memiliki nilai valuasi yang berbeda.

Status unicorn yang diberikan kepada Startup mengandung arti bahwa startup tersebut sudah memiliki nilai valuasi lebih dari $1 miliar.

  1. Gojek

    Gojek berdiri pada 2010 sebagai pusat layanan ojek online di Indonesia. Aplikasi homegrown kemudian diluncurkan pada 2015 dengan hanya tiga layanan: GoRide, GoSend, dan GoMart. Aplikasi ini telah berkembang menjadi Super App. Pengguna Gojek dapat mengakses lebih dari 20 layanan mulai dari transportasi hingga pengiriman makanan, pijat, uang elektronik, dan bahkan program loyalitas. Gojek baru meluncurkan logo baru yang melambangkan transformasi Gojek dari’menjadi layanan naik kendaraan’ menjadi ‘Super App’ terbesar dengan tiga platform: aplikasi konsumen, pengemudi, dan pedagang, dengan berbagai cara cerdas untuk menghilangkan kerepotan. Memiliki tagline ‘Karena dengan Gojek, Selalu Ada Jalan’.

    Visi dan Misi

    • Cepat = memberi pelayanan secara cepat.
    • Inovasi = inovasi berkelanjutan untuk meningkatkan layanan.
    • Dampak Sosial = menciptakan dampak sosial yang positif untuk pengguna gojek

      Kontak

      • Website: https://www.gojek.com/
      • Pasaraya Blok M Gedung B Lt. 6, Jalan Iskandarsyah II No.7, RW. 2, Melawai, Kebayoran Baru, RT.3/RW.1, Melawai, Kby. Baru
      • Telepon:  (021) 50251110
      • Founder/CEO: Nadiem Makarim Email:
      • Twitter dan Instagram:
        @gojekindonesia
  2. Traveloka

    Traveloka adalah perusahaan perjalanan online Asia Tenggara yang menyediakan kebutuhan untuk perjalanan dalam satu platform. Traveloka menawarkan penerbangan, hotel, kereta, paket penerbangan dan hotel, atraksi dan kegiatan, produk konektivitas, transportasi bandara, dan bus.

    Perusahaan ini menjalin kemitraan dengan lebih dari 100 maskapai domestik dan internasional, melayani lebih dari 200.000 rute di seluruh dunia. Menyediakan lebih dari 40 opsi pembayaran untuk pelanggan di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina, dengan bantuan 24/7 dari layanan pelanggan lokal dalam bahasa asli mereka. Traveloka telah diunduh lebih dari 30 juta kali.

    Visi dan Misi

    Visi: Memajukan Indonesia secara nyata melalui teknologi

    Misi: Menjadikan travelling lebih mudah, cepat dan menyenangkan melalui teknologi.

    Kontak

    • Website: https://www.traveloka.com/en/
    • Wisma 77 Tower 2, Lt. 21, Jl. Tol S. Parman No.Kav 77, RT.6/RW.3, Slipi, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat,
    • Telepon: 08041500308
    • Founder/CEO: Ferry Unardi Email:
    • Twitter dan Instagram:
      @traveloka
  3. Tokopedia

    Tokopedia didirikan pada 17 Agustus 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Berdirinya Tokopedia berdasarkan atas fenomena pedagang di kota-kota kecil yang harus pindah ke daerah perkotaan untuk memperluas jangkauan pasar dan keterbatasan konsumen untuk  mengakses barang di tempat tinggal mereka menjadi dasar membangun platform Tokopedia. Tujuannya agar setiap orang dapat memulai dan menemukan apa pun dan mendemokrasikan perdagangan melalui teknologi.

    Memelopori transformasi digital di negara ini, Tokopedia memperkenalkan pengiriman instan dengan perusahaan perjalanan, masuk kategori barang digital dan pelopor untuk memanfaatkan pasar mini sebagai titik pembayaran offline.

    Visi: Menjadi penyedia sarana transaksi online yang terbesar dan terpercaya bagi pelaku bisnis di Indonesia.

    Misi:

    1. Menggunakan teknologi dari web dan internet secara tepat.
    2. Memperkuat produk dan layanan dari Tokopedia baik yang dilakukan secara online maupun offline.

      Kontak

      • Website: https://www.tokopedia.com/
      •  lantai 52 Tokopedia Tower Ciputra World 2, Jl. Prof. DR. Satrio No.Kav. 11, RT.3/RW.3, Karet Semanggi, Kota Jakarta Selatan, 
      • Telepon: (021) 80647333
      • Founder/CEO: Achmad Zaky
      • Email:
      • Twitter dan Instagram:
        @tokopedia
  4. Bukalapak

    Salah satu pusat perbelanjaan online di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid. BukaLapak didirikan pada 10 Januari 2010 saat Achmad Zaky dan kawan-kawan berkuliah di Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat. Bukalapak telah menjadi unicorn pada tahun 2017.

    Bukalapak fokus pada literasi digital dan membangun usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia. Awal mula berdiri BukaLapak menyediakan lahan dagang online untuk komunitas yang menjual berbagai sepeda dan aksesorisnya dengan harga terjangkau. Sejak saat itu, pertumbuhan pengguna di BukaLapak meningkat secara signifikan. Setiap pihak yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mengakses Platform Bukalapak.

    Visi: Menjadi online marketplace nomor 1 di Indon esia.

    Misi: Memberdayakan UKM yang ada di seluruh penjuru Indonesia

    Kontak

    • Website: https://www.bukalapak.com/
    • Plaza City View Lt. 1
      Jl. Kemang Timur No. 22, Pasar Minggu
      Pejaten Barat 
    • Telepon: (021) 80647333
    • Founder/CEO: Wiliam Tanuwijaya
    • Email:
    • Twitter dan Instagram:
      @bukalapak
Print Friendly, PDF & Email