Ulang Tahun Ke-5, Ruangguru Luncurkan Lima Fitur Baru

Talkshow Ulang Tahun ke-5 Ruangguru di XXI Epicentrum, Jakarta (10/07/19).

Jakarta, Ditjen Aptika – Perusahaan aplikasi belajar Ruangguru meluncurkan lima fitur baru bertepatan dengan hari jadinya yang kelima.

“Ruangguru terus melakukan inovasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap 15 juta siswa dengan total 300.000 guru, beberapa diantaranya adalah pemenang Indonesia Teacher Prize,” ucap Belva Devara, CEO Ruangguru dalam acara Talkshow Ulang Tahun ke-5 Ruangguru, di XXI Epicentrum, Jakarta (10/07/19).

Ruangguru mengembangkan lima fitur baru, seperti Live Teaching, Discussion Forum, Smart Recommendation, Gamification, dan Social Feature.

Fitur Live Teaching setiap hari, menjawab pertanyaan pelanggan secara langsung pada aplikasi Ruangguru. Live Teaching ini juga menyediakan kuis-kuis dan pembahasan langsung sehingga lebih interaktif terhadap pelanggan.

Smart Recommendation dari Ruangguru berupa bank soal, dimana soal, video yang ditonton, dan aktivitas lain yang diakses pada aplikasi tersebut terekam otomatis. Sehingga pelanggan akan mendapatkan rekomendasi bahan ajar sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Fitur Discussion Forum dan Social Feature berupa tanya jawab langsung sesama pelajar dan guru melalui fitur chat juga berhasil membuat metode belajar bukan hanya satu arah, tapi juga dua arah seperti metode belajar konvensional.

Gamification bernama Ruangguru Adventure yaitu sebuah fitur baru berupa permainan dimana pelanggan akan memperoleh avatar yang dapat ditukar dengan poin ketika menjawab soal pada permainan tersebut. Fitur ini menjadi faktor paling tinggi meningkatkan minat belajar pelanggan dari sekolah dasar hingga menengah atas.

Saat ini aplikasi Ruangguru memiliki rating 4,7 dari 5 di Google Play Store dan masuk dalam 20 peringkat aplikasi paling banyak diunduh. Ruangguru merupakan satu-satunya aplikasi belajar karya anak negeri.

Belva juga menambahkan, Ruangguru akan melakukan kerja sama dengan kementerian pusat, pemerintah daerah, universitas dan sekolah tinggi yang menyediakan program vokasi. Salah satu agenda yaitu membahas kurikulum sekolah vokasi yang belum tersedia pada aplikasi Ruangguru. (pag)