Teknologi Digital Bantu Promosi Pariwisata Desa Kalibagor

Para blogger mencoba melukis payung hias yang merupakan salah satu daya tarik wisata Desa Kalibagor.

Banyumas, Ditjen Aptika – Desa Kalibagor di Kabupaten Banyumas memiliki sejumlah potensi wisata yang unik. Promosi wisata era milenial dapat memanfaatkan teknologi digital dan media sosial.

“Lorong Blothong dibangun dari tahun 1839 atau 180 tahun yang lalu, kemudian saat ini di budidayakan kembali menjadi atraksi wisata. Hal ini merupakan peluang bagi Desa Kalibagor dalam mengembangkan potensi wisatanya dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana promosi. Daya tarik wisata Desa Kalibagor dapat semakin dikenal masyarakat dengan aktivitas yang dilakukan para blogger dalam memberikan informasi, baik melalui konten blog, media sosial, Youtube dan sebagainya,” terang Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Sadjan, saat membuka acara Seminar Literasi Digital dan Juguran Blogger di Grumbul Jengkonang Desa Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Sabtu (29-06-2019).

Sesditjen Aptika (tengah) saat mengunjungi langsung atraksi wisata Lorong Blothong di Desa Kalibagor.

Sadjan juga menambahkan, bahwa adik-adik generasi milenial yang hadir memegang peranan penting dalam kemajuan Desa Kalibagor, bahkan negara Indonesia. Penguasaan literasi digital sangat penting untuk mendukung ekonomi digital agar menjadi pembangunan ekonomi negara.

Selain atraksi wisata Lorong Blothong, Desa Kalibagor juga memiliki daya tarik lain seperti keahlian melukis payung hias. Keunikan tersebut dapat menjadi potensi wisata yang menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Desa Kalibagor.

Camat Kalibagor Siswoyo yang juga hadir dalam acara tersebut menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Kominfo dan jajarannya karena telah menyelenggarakan acara ini.

“Kegiatan hari ini sangat penting dan strategis karena era globalisasi jika digarisbawahi bisa jadi peluang, walaupun tantangannya juga besar. Bahkan bisa menjadi bencana jika tidak diimbangi dengan tingkat pengetahuan sumber daya manusia yang baik. Indonesia memiliki 250 juta penduduk, kita harus bijak dalam menggunakan internet. Oleh karena itu maka tugas kalian semua generasi muda unruk meningkatkan kapasitas dengan mengikuti seminar seperti ini,” ucap Siswoyo.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jendral Aplikasi Informatika, Kasubdit Literasi Digital, Dishubkominfo Kabupaten Banyumas, Camat Kalibagor, Kepala Desa Kalibagor, Komunitas Bloger Indonesia yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, Komunitas Kancamas Banyumas, Karang Taruna Desa Kalibagor dan seluruh pengurus wisata Lorong Blothong Desa Kalibagor. (lry)

Galeri Foto Seminar Literasi Digital dan Juguran Blogger:

Sesditjen Aptika Sadjan saat tiba di lokasi acara di Desa Kalibagor
Sesditjen Aptika Sadjan saat tiba di lokasi acara di Desa Kalibagor
« 1 of 18 »