Menteri Rudiantara Lantik Pengurus AVGI

Pelantikan Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI) oleh Menteri Kominfo Rudiantara (16/07/19).

Jakarta, Ditjen Aptika –  Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara meresmikan sekaligus melantik pengurus Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI).

Asosiasi tersebut merupakan lembaga independen dan profesional yang terdiri dari para penggiat dan pelaku industri olahraga elektronik (esports).

Esports merupakan sebuah ekosistem baru yang bagus. Dalam hal ini pemerintah mendukung untuk realisasi pengembangan asosiasi,” ujar Menteri Rudiantara dalam acara Pelantikan AVGI di Redtop Hotel, Jakarta, Selasa (16/07/19).

Menurut Ketua AVGI, Rob C.  Kardinal, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa dalam dunia olahraga elektronik. Per Januari 2019,  Indonesia menduduki peringkat 17 dunia menurut Global Games Market Report dengan pendapatan tertinggi dari online game sekitar 13 triliun rupiah.

“Maka dari itu industri olahraga elektronik Indonesia perlu adanya penyusunan standardisasi, regulasi, dan benchmarking,” ujar Rob.

Rob melanjutkan, “Regulasi sangat penting untuk membantu perkembangan industri olahraga elektronik dan memotivasi atlet dan penggiat esports untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia.”

Angki Trijaka, Sekjen AVGI menambahkan bahwa asosiasi ini tidak meminta pemerintah sebagai fasilitator dan sebagainya. AVGI hanya berharap dengan pelantikan oleh Menteri Rudiantara ini, sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam dunia esports atau online game.

Selain Menteri Rudiantara juga hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk memberikan dukungan. (pag)