Beasiswa Talenta Digital 2019 Gelombang Kedua Telah Dibuka

Sosialisasi Beasiswa Talenta Digital 2019 di Joint Lecture Room Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta.

Yogyakarta, Ditjen Aptika – Program Beasiswa Talenta Digital Tahun 2019 (DTS 2019) merupakan program pengembangan SDM dari Kementerian Kominfo sebagai bagian dari program pembangunan prioritas nasional. Memiliki dua gelombang yang saat ini sedang membuka pendaftaran untuk gelombang kedua.

“Ini merupakan kali kedua Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan program ini. Diselenggarakan dalam dua gelombang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi yang tersebar di beberapa daerah Indonesia,” ujar Koordinator Program Fresh Graduate Academy DTS 2019, Jelita Sari Wiedoko pada Sosialisasi Beasiswa Talenta Digital 2019 di Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta sebagai salah satu tempat pelatihan, Rabu (29/05/19).

Jelita menjelaskan, program ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing di bidang teknologi informasi dan komunikasi menuju revolusi industri 4.0 serta untuk mendukung pengembangan industri startup digital, dimana industri ini membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banyak untuk meningkatkan perekonomian negara dari sektor digital.

Beasiswa Talenta Digital 2019 akan menjaring lulusan SMK, D1, D2, D3, DIV dan S1 untuk mendapatkan pelatihan digital dalam berbagai bidang dengan durasi maksimal tiga bulan sesuai dengan tema pelatihan yang dipilih. Peserta program akan dilatih secara intensif untuk menguasai hardskill dan softskill sesuai dengan peminatan di bidang teknis Artifical Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things, dan Machine Learning.

Program ini juga memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk turut berpartisipasi pada empat program yang ditawarkan, meliputi Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Coding Teacher Academy (CTA) dan Online Academy (OA). Sejumlah fasilitas bagi peserta yang dinyatakan lulus secara administrasi dan tes substantial, antara lain sertifikat dan uang saku.

Pendaftaran program Beasiswa Talenta Digital 2019 tidak dipungut biaya atau gratis. Gelombang pertama akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2019 sampai dengan 31 Juli 2019. Sementara gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2019 sampai dengan 28 Agustus 2019. Pendaftaran Gelombang 2 dapat dilakukan mulai 20 Mei sampai dengan 20 Juni 2019 secara online melalui laman digitalent.kominfo.go.id.

Kementerian Kominfo bekerja sama dengan 30 Universitas Negeri dan Swasta serta 23 Politeknik yang tersebar di Indonesia menyediakan 25.000 beasiswa Pelatihan dan Sertifikasi Talenta Digital. Seperti Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Bali, dan Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada. (pag)