Walikota Tanjungpinang: siMaya akan Percepat Proses Birokrasi

Foto Bersama Peserta Workshop Administrator Unit Aplikasi Administrasi Perkantoran Maya (Foto: Fahru)

Jakarta, Ditjen Aptika – Kehadiran aplikasi e-office siMAYA yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo sebagai penerapan pemerintahan berbasis elektronik disambut baik oleh Walikota Tanjungpinang untuk mempercepat proses birokrasi dalam pemerintahan.

“Kehadiran aplikasi siMAYA harus disambut dengan gembira dan optimis, karena aplikasi ini akan mempercepat proses birokrasi dan memberikan manfaat dalam bekerja, antara lain hemat kertas, hemat waktu, dapat dilakukan dimana saja. Sehingga tidak ada alasan bagi pegawai dalam melaksanakan tugas dan pelayanan terhambat, karena dapat digunakan melalui perangkat komputer, laptop, dan smartphone yang terhubung dengan internet,” jelas Walikota Tanjungpinang H. Syahrul saat memberikan sambutan pada acara Workshop Administrator Unit Aplikasi Administrasi Perkantoran Maya di Hotel Aston Tanjungpinang, Senin (01/04/2019).

Aplikasi siMAYA merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik di lingkungan instansi pemerintah. Aplikasi ini disinyalir akan menjadi aplikasi umum penerapan Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Munculnya Aplikasi siMAYA merupakan langkah awal dalam transformasi budaya kerja dari konsep manual yaitu banyak menggunakan kertas, menuju konsep teknologi informasi komunikasi, dimana data dan informasi ditampilkan dalam bentuk digital, hal ini mendorong kita selaku birokrat pemerintah untuk memperdalam tingkat keilmuan di bidang teknologi informasi komunikasi,” lanjut Syahrul.

Acara ini turut dihadiri perwakilan dari Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Ditjen Aptika, Kementerian Kominfo, M.Fahru yang memberikan bimbingan teknis terkait penggunaan aplikasi e-office siMAYA.

Hadirnya siMAYA menyebabkan perubahan budaya kerja menjadi efisien dan efektif, dapat bekerja di mana saja.

“Aplikasi ini bukan hanya untuk dipahami saja, melainkan diterapkan dan selalu dipraktikkan dalam pekerjaan sehari-hari. Saya harap kepada seluruh peserta untuk dapat mengikuti acara ini hingga akhir dengan sungguh-sungguh karena dari workshop pada hari ini merupakan langkah awal kita menerapkan e-Government sehingga Tanjungpinang dapat menjadi smartcity pada masa yang akan datang,” pungkas Syahrul di akhir sambutan.

Acara ini dihadiri oleh hampir seluruh perwakilan Pemerintah Kota Tanjungpinang, seperti Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Kepala BKPSDM, Kepala DP3APM, Kepala Disnakerkop UKM, Sekretaris Dinas Pendidikan, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Sekretaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Sekretaris BPPRD Kota Tanjungpinang. (lry)

Galery Foto Workshop Administrator Unit Aplikasi Administrasi Perkantoran Maya:

Perwakilan Kementerian Kominfo M.Fahru saat memberikan bimtek penggunaan Simaya pada Workshop Administrator Unit Aplikasi Administrasi Perkantoran Maya
Perwakilan Kementerian Kominfo M.Fahru saat memberikan bimtek penggunaan Simaya pada Workshop Administrator Unit Aplikasi Administrasi Perkantoran Maya
« of 4 »
Print Friendly, PDF & Email