Presiden Apresiasi Mitra Gojek

Presiden Joko Widodo memberikan pembukaan dalam acara Mitra Juara GOJEK 2019 di Ecovention, Ancol, Jakarta, Kamis 11/4. (foto: Antara SK/Pras).

Jakarta, Ditjen Aptika – Presiden Joko Widodo sangat mengapresiasi jutaan mitra Gojek yang bekerja keras dalam membangun Gojek, sehingga startup yang telah beroperasi dari tahun 2010 tersebut dilansir CBInsight menyandang status decacorn pertama Indonesia dengan nilai valuasi ditaksir US$ 10 miliar.

“Gojek tidak akan bisa seperti saat ini jika tanpa bantuan jutaan mitra di belakangnya, maka dari itu saya sangat bangga dan mengapresiasi para mitra, para pekerja, UMKM yang ada dibelakang produksi. Kita patut berbangga Gojek telah menjadi decacorn pertama di Indonesia,” ucap Joko Widodo saat memberikan sambutan pada acara Mitra Juara Gojek di Ecovention Ancol, Jakarta, Kamis (11/04/2019).

Jokowi berpendapat sudah saatnya perusahaan rintisan asal Indonesia meningkatkan kelasnya dengan tampil di pentas regional dan dunia. “Selama ini sudah dilakukan oleh Gojek,” ujar Jokowi.

Sektor ekonomi digital memberikan harapan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, dimana tahun 2018 nilainya mencapai US$27 miliar. Jokowi mengatakan dalam 4,5 tahun terakhir ini pemerintah telah bekerja keras mendukung ekonomi digital.

“Ada tiga hal pokok untuk mendukung ekonomi digital. Pertama, penyediaan infrastruktur digital lewat broadband kecepatan tinggi, termasuk Palapa Ring, yang kita harapkan akan selesai 100 persen di pertengahan tahun 2019. Kedua, penciptaan ekosistem untuk mendukung iklim usaha yang nyaman bagi ekonomi digital. Ketiga, pengembangan kualitas SDM di dunia digital,” jelas Jokowi.

“Kita juga minta perusahaan yang sudah maju seperti gojek agar mendukung anak muda untuk go online dan adopsi teknologi digital,” tambahnya lagi.

Presiden Joko Widodo (kedua dari kanan) menyerahkan penghargaan Mitra Juara Gojek 2019 di Ecovention, Ancol, Jakarta 11/4 (foto: Antara, SK/Pras)

Nadiem Makarim CEO dan founder Gojek menjelaskan bahwa acara tersebut diadakan untuk mengapresiasi para mitra Gojek. “Gojek hari ini memberikan penghargaan kepada mitra kami pada acara Mitra Juara Gojek 2019, mereka merupakan pahlawan di era Industri 4.0,” sebut Nadiem.

Berdasarkan laporan berjudul “The State of Mobile 2019” dari platform analisa untuk aplikasi mobile App Annie, Gojek menjadi aplikasi ride sharing yang paling banyak digunakan di Indonesia. Pencapaian ini merupakan realisasi dari misi Gojek untuk memberikan solusi kehidupan sehari-hari kepada masyarakat Indonesia.

Menurut Nadiem lagi, teknologi Gojek kini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat. Keberhasilan Gojek mengembangkan platform super app yang menghubungkan jutaan rakyat Indonesia telah menjadikan Gojek sebagai salah satu akselerator utama pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Di akhir sambutan Jokowi mengajak anak muda Indonesia untuk selalu berinovasi. “Saya yakin dengan semangat optimisme kita bisa melahirkan UMKM, startup, unicorn, bahkan decacorn bagi indonesia. Ciptakan terus karya, ciptakan terus kreatifitas untuk Indonesia maju,” katanya.

Acara Mitra Juara Gojek ini merupakan acara tahunan untuk memberikan penghargaan kepada mitra berprestasi di platform anak bangsa yang mendukung ekosistem Gojek. Turut hadir jajaran menteri Kabinet Kerja dan ribuan mitra Gojek seluruh Indonesia. (lry)